Desa Mandiri Benih

Penuhi Kebutuhan Petani Secara Mandiri


Selasa, 19 April 2016 - 02:47:46 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Memenuhi kebutuhan benih padi bagi petani lokal yang ada dikota Sawahlunto. Saat ini Dinas Pertanian dan Kehu­tanan tengah mengembangkan Desa Mandiri Benih (DMB), memanfaatkan bantuan dari pe­merintah pusat, yang telah mulai dilakukan November-Desember 2015 lalu.

Program itu sendiri merupakan prog­ram nasional dari Kementrian Pertanian RI yang menargetkan 1000 desa mandiri benih, Untuk wilayah Sumatra Barat mendapat jatah sebanyak 60 desa  sedang­kan untuk Sawah­lunto mendapat jatah 3 Desa untuk dijadikan desa mandiri benih.

“Ada 3 Desa yang ditunjuk sebagai Desa Mandiri Benih yakni Desa Talawi Mudik, Kolok Nan Tuo dan Desa Rantih,” kata Kabid Tanaman Pangan dan Hol­tikultura Dipertahut Sawahlunto Heny Purwaningsih Kepada Haluan.

Heny menambahkan, dua desa dian­taranya sudah panen benih yakni Kolok Nan Tuo dan Talawi mudik, sedangkan Desa Rantih maih dalam proses menuju panen.

Pembentukan desa mandiri benih ini diharapkan kebutuhan benih petani dapat dipenuhi dari produksi petani sendiri, sehingga petani mandiri dalam memenuhi kebutuhan benih yang dibutuhkan.

Kebijakkan ini lanjut Heni sebagai tindak lanjut dari program Presiden Djoko Widodo yakni mewujudkan kemandirian pangan.

Satu unit kegiatan Desa mandiri benih adalah membuat penangkaran benih seluas 10 hektar dan diberi belanja bantuan kegiatan sosial sebesar Rp170 juta per unitnya. Biaya sebesar itu sebutnya, digunakan untuk pe­ngadaan sarana pro­duksi, biaya sertifikasi benih, pengadaaan alat dan mesin pengolahan benih serta pengemasan benih, pembuatan lantai jemur dan pembangunan gudang.Selain itu dialokasikan anggaran untuk ko­ordinasi, monitoring dan evaluasi agar kegiatan tersebut berjalan baik dan terus disempurnakan , sehingga dilapangan akan diperoleh hasil yang maksimal.

“Adapun varietas bibit yang dikem­bangkan pada desa mandiri benih Talawi Mudik jenis Inpari 21 batipuh, Kolok Nan Tuo jenis Batang Piaman dan desa Rantih varietas lokal Gadang Rumpun,” jelas Henni.(h/mg-rki)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]