Pemerintah Diminta Keluarkan Travel Warning


Selasa, 19 April 2016 - 02:56:10 WIB

JAKARTA, HALUAN — Wakil Ketua DPR RI bidang Politik dan Keamanan Fadli Zon meminta pemerintah segera mengeluarkan travel warning atau peringatan perjalanan menuju daerah-daerah perairan yang berpotensi terjadi aksi penyanderaan oleh kelompok ekstrem Abu Sayyaf.

“Harusnya pemerintah buat travel warning, supaya warga negara Indonesia tidak mendekati daerah-daerah perairan Filipina di mana telah terjadi penyan­deraan terhadap warga ne­gara kita kemarin, seperti di Pulau Tawitawi,” ujar Fadli Zon di Jakarta, Senin (18/4).

Menurut Fadli Zon, pe­ri­ngatan perjalanan itu me­rupakan salah satu upaya yang lazim segera dike­luarkan pemerintah untuk melindungi warga nega­ranya.

Sementara itu berkaitan upaya penyelamatan WNI yang diduga disandera oleh kelompok ekstimris Abu Sayyaf, Fadli kembali me­ngu­sulkan agar dilakukan negosiasi damai.

Dia menilai negosiasi perlu dilakukan karena In­donesia tidak mungkin me­nerjunkan kekuatan militer di Filipina.

“Negosiasi ini bisa diba­ngun secara informal de­ngan kelompok di sana,” kata Fadli Zon.

Sebelumnya Panglima TNI Jenderal Gatot Nur­mantyo menyatakan TNI mengerahkan dua kapal perang ke perbatasan Fili­pina untuk merespon aksi penyanderaan terhadap WNI yang diduga kembali dilakukan oleh kelompok Abu Sayyaf.

Dia mengatakan sejak Jumat malam (15/4) TNI sudah mengerahkan dua kapal perang yakni, KRI Badau-841 dan KRI Slamet Riyadi-352 ke daerah per­batasan untuk melakukan penjagaan di perairan ter­sebut.

“Saya tegaskan TNI su­dah menyiapkan pasukan untuk melakukan tindakan tegas, saya ulangi TNI sudah menyiapkan pasukan untuk melaksanakan tindakan te­gas baik di laut, darat dan hutan saya siap. Kapan pe­lak­sanaan adalah bagai­mana koordinasi dengan pemerintah Filipina,” te­gasnya.

Jenderal bintang empat ini menyebutkan, pihaknya akan melaksanakan koor­dinasi dengan Panglima Angkatan Bersenjata Fili­pina dan Malaysia untuk bersama-sama melakukan patroli bersama terkoor­dinasi. (h/ans)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]