Ujian Kompetensi Mahasiswa

STIE AKBP Terapkan Sistem Berbasis Komputer


Selasa, 19 April 2016 - 03:22:04 WIB

PADANG, HALUAN — Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan, Perbankan dan Pembangunan (STIE-KBP) laksanakan uji kompetensi calon lulusan dengan menggunakan sistem komputer (Computer Assisted Test).

Pelaksanaan ujian ini sen­diri seiring dengan eda­ran Kementerian Riset Tek­no­logi dan Perguruan Ting­gi (Kemenristekdikti) ten­tang uji kompetensi harus di­terapkan di setiap kam­pus.

“Untuk wisudawan Mei mendatang, kami sudah terapkan ujian berbasis kom­puter ini. Ujian ber­basis komputer lebih me­nan­tang. Pasalnya, peserta yang mengikuti, betul-betul diuji kemampuannya. Kami dibatasi waktu, soal pun beda, jadi betul-betul isi kepala mahasiswa. Nilai pun langsung keluar,” ujar calon sarjana dari kam­pus yang terletak di Jalan Kha­tib Sulai­man, Cen Tanjung kepada wartawan, Senin (18/4).

Menurutnya, ujian kom­petensi ini menjadi salah satu syarat wisuda. Banyak kampus,  yang masih me­ma­kai sistem manual, na­mun dia beruntung, kam­pus­nya sudah menerapkan sistem komputerisasi. Diha­rap­kan, hasil ujian betul-be­tul teruji dan tidak seke­dar formalitas untuk me­leng­­kapi syarat lulus sema­ta.

Ketua Prodi Akuntansi STIE AKBP, Dewi Zulvia mengatakan, sistem kompu­ter (CAT) baru diterapkan pada wisudawan Mei men­da­tang.  Tidak hanya juru­san­nya, tetapi juga jurusan lain. Selain mudah, pelak­sanaannya dapat memi­ni­ma­lisir kecurangan.

“Sistem manual butuh banyak pengawas, beda de­ngan sistem CAT ini,” ung­kap Dewi Zulvia.

Pengawas tidak dibu­tuh­kan, karena soal-soal telah diprogram acak. Dosen ting­gal menginput soal. Lalu, mahasiswa ujian masing-masing dengan mengan­dalkan kemampuan sendiri.

Wakil Ketua STIE AK­BP, Febryandhie Ananda menambahkan, sistem kom­pu­terisasi telah dite­rapkan pada semua juruan. Ujian dilaksanakan,  sela­ma dua minggu dan diikuti oleh ratusan calon lulusan. Menurutnya, kemung­kinan kecurangan saat ujian nol persen.

Ia juga menyebutkan, saat ujian nanti sekitar 800 soal diinput. Ujian dilak­sanakan selama tiga jam. Diperkirakan, masing-ma­sing mahasiswa mendapat 200 soal. ”Kecurangannya,  saya kira nol persen. Nilainya pun,  dapat dilihat detik itu juga. Untuk menjamin kom­pe­tensi, sistem ini layak digu­nakan,” urainya.

Diharapkan, setelah lu­lus, mahasiswa STIE-KBP tidak hanya membawa ija­zah dan transkrip nilai, teta­pi juga sertifikat kompetensi yang betul-betul teruji. (h/ade)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 26 September 2016 - 01:55:25 WIB

    Tax Amnesty Sasar Mahasiswa STIE KBP

    Tax Amnesty Sasar Mahasiswa STIE KBP PADANG, HALUAN —Ke­bija­kan pemerintah menerapkan pengampunan pajak (tax am­nesty) rupanya tidak hanya di­tujukan kepada kalangan pe­ngu­saha saja. Buktinya, ratusan mahasiswa di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ke.
  • Jumat, 01 Juli 2016 - 17:57:23 WIB

    STIE KBP Jajaki Kerjasama dengan Pemkab Kerinci

    STIE KBP Jajaki Kerjasama dengan Pemkab Kerinci PADANG, HALUAN – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan, Perbankan dan Pembangunan (STIE KBP) Padang mulai menjajaki kerjasama dengan pihak pemerintah daerah. Ini dibuktikan dengan akan dilakukannya penandatanganan kesepakata.
  • Selasa, 24 Mei 2016 - 05:19:19 WIB

    AKBP-STIE KBP Siap Buka Prodi Perpajakan

    AKBP-STIE KBP Siap Buka Prodi Perpajakan PADANG, HALUAN — Akademi Keuangan dan Perbankan Pembangunan dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan, Perbankan dan Pembangunan (AKBP-STIE KBP) Padang berencana membuka program studi baru DIII Perpajakan. Pembukaan Prodi in.
  • Jumat, 20 Mei 2016 - 16:32:30 WIB

    STIE-KBP Wisuda 175 Lulusan

    STIE-KBP Wisuda 175 Lulusan PADANG, HALUAN — Se­banyak 175 lulusan yang ter­diri dari 5 orang lulusan prog­ram D3, 131 orang lulusan Strata 1, serta 39 orang lulusan dari program Megister Mana­gemen (S2), kampus STIE-KBP, Kamis (19/5) diwisuda..
  • Rabu, 06 April 2016 - 03:47:43 WIB

    S2 STIE-KBP Peroleh Akreditasi B dari BAN-PT

    PADANG, HALUAN — Program Studi Magister Manajemen (S2) STIE-KBP Padang yang telah melakukan proses reakreditasi sejak bulan Agustus 2015 lalu, akhirnya berhasil memperoleh akreditasi baru dengan pe­ring­kat akreditasi B d.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]