Lomba Baca Kitab Kuning PKS

Muhammad Sa’id Juara Pertama


Selasa, 19 April 2016 - 03:22:31 WIB

PADANG, HALUAN—Ke­tua DPW PKS Sumbar H Irsyad Syafar mengatakan, kitab ku­ning merupakan sumber lite­ratur fiqih, hadis yang ditulis dalam bahasa arab gundul. Untuk itu, dasar dari seorang kyai adalah memahami dan me­nerapkan isi yang ada da­lam kitab kuning.

Menurutnya, kitab ku­ning adalah sebuah warisan yang perlu dilestarikan, dipelajari untuk kejayaan umat islam di indonesia. Lebih dari 200 Pondok Pesantren (Ponpes) yang didirikan PKS yang juga diajarkan membaca dan me­mahami kitab kuning.

“Kitab kuning adalah wa­risan para sahabat, ulama seluruh indonesia. Makanya kami ingin melestarikan dan memasyarakatkan kitab ku­ning, bukan hanya membaca tapi juga sekaligus me­ma­hami isi dari kitab kuning,” ujarnya, Senin (18/4).

Ia juga berencana, ke de­pan­nya lomba kitab kuning akan dimulai dari kabupaten kota hingga ke provinsi. Hal tersebut tidak lain untuk melestarikan, dan mem­budayakan membaca kitab kuning tidak hanya pada kalangan santri tapi juga pada masyarakat umum.

Untuk itu, agar ma­sya­rakat khususnya para santri lebih mengenal isi kitab kuning, sekaligus dalam rangka memperingati milad ke 18 DPW PKS menga­dakan lomba baca kitab kuning yang telah dise­leng­garakan kemarin, Minggu (17/4) di DPW PKS Sum­bar.

Lomba diikuti oleh le­bih dari 56 orang peserta, dan kitab yang dibaca da­lam lomba tersebut adalah kitab Mu’in karya Sywikh Ahmad Zainuddin bin Ab­dul Aziz Al Ma’bari Al Malibari Al Fannani Asy Syafi’i.

Dalam babak penyi­sihan yang sudah dilakukan, juara 1 diraih oleh Muhammad Sai’d yang berasal dari Pon­pes MTI Pasia Ampek Ang­kek Kabupaten Agam, juara 2 Elva Mahmudi dari Pon­pes Nurul Yaqin Padang Pariaman, dan juara 3 M Husnul Mubarak dari Pon­pes Andalusia Solok Sela­tan. Serta harapan 1 Muham­mad Nasri, harapan 2 Ak­mal Syarif, dan harapan 3 Rudi Nurjamal. Juara 1 tingkat sumbar akan mengi­kuti lomba pada tingkat nasional yang akan dilak­sanakan pada tanggal 24 April 2016 oleh Fraksi PKS DPR RI di kantor DPP PKS pusat.

Ketua Wilayah Sum­bagut DPP PKS H Her­manto yang juga anggota LPKS DPR RI mengatakan, tradisi membaca kitab ku­ning sangat kuat di daerah jawa, dan diikuti di Sumatra, dan Kalimantan. Ia me­ngatakan isi kitab kuning sendiri sangat lengkap, dan mudah dipahami makanya sering dipelajari di pesan­tren. Ia juga berharap, de­ngan adanya lomba ini bu­kan hanya menjadi ajang kompetisi atau mencari sang juara saja tapi lebih pada mendalami isinya un­tuk direalisasikan dalam kehidupan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abid yang juga hadir saat pembukaan acara lomba kitab kuning mengatakan, kalau dari kecil sudah be­lajar kitab kuning maka saat besar akan terbiasa dan akan lebih memahami isinya. Perlunya mempelajari kitab kuning bukan hanya untuk kehidupan sehari-hari saja, tapi pada pendidikan politik memang harus dimulai dari pendidikan agama.

Ia juga berharap lomba ini akan diikuti juga oleh kabupaten kota, agar la­hirnya para ustad dan ustad­zah yang berilmu penge­tahuan yang seiring dengan perkembangan saat ini. Ser­ta, memotivasi partai lain­nya untuk melestarikan ba­ca kitab kuning. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 18:08:55 WIB

    Masjid Taqwa Muhammadiyah Padang Kembali Dibuka untuk Salat Berjamaah

    Masjid Taqwa Muhammadiyah Padang Kembali Dibuka untuk Salat Berjamaah HARIANHALUAN.COM -- Setelah sekian lama ditutup, Masjid Taqwa Muhammadiyah Pasar Raya Padang kembali melaksanakan salat berjamaah harian dan Jumat. Meski demikian, pengurus dan jamaah masjid wajib menaati protokol kesehatan y.
  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 23:01:37 WIB

    Nasrul Abit dan Mahyeldi Saling 'Lempar' di Masjid Muhammadan, Ada Apa?

    Nasrul Abit dan Mahyeldi Saling 'Lempar' di Masjid Muhammadan, Ada Apa? PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dengan Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah terlibat 'lempar-lemparan'. Keduanya tampak beraksi saling 'lempar' di atas Masjid Muhammadan, Jalan Batipuh, Pasa G.
  • Kamis, 30 Juni 2016 - 07:00:12 WIB

    Muhammadiyah Pastikan Lebaran 6 Juli

    Muhammadiyah Pastikan Lebaran 6 Juli PADANG, HALUAN — Muhammadiyah memastikan tanggal satu Syawal 1437 Hijriah jatuh pada tanggal 6 Juli 2016. Penetapan itu juga dipastikan bersamaan dengan jadwal dari pemerintah..
  • Senin, 20 Juni 2016 - 16:24:27 WIB

    Masjid Taqwa Muhammadiyah Bakal Miliki Hotel dan Plaza

    Masjid Taqwa Muhammadiyah Bakal Miliki Hotel dan Plaza PADANG, HALUAN— Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar akan dikembangkan menjadi pusat ibadah, akomodasi atau perhotelan dan plaza. Rencana bangunan mesjid seperti ini sudah lama, namun terkendala karena anggaran..
  • Selasa, 19 April 2016 - 15:20:12 WIB

    Suami Istri Pimpin Muhammadiyah-Aisyiyah Sijunjung

    PADANG, HALUAN — Se­telah melalui proses yang cukup panjang, Drs. Sumardi terpilih sebagai Ketua Pim­pinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sijunjung dan istri menjadi Ketua PD Aisyiyah Sijunjung, periode 2015-2020..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]