Bupati Padang Pariaman Umumkan Jumlah Gaji


Selasa, 19 April 2016 - 03:27:30 WIB
Bupati Padang Pariaman Umumkan Jumlah Gaji

PADANG, HALUAN — Ketua Komisi Informasi Sumbar Syamsu Rizal meng­apresiasi keterbukaan informasi yang dilakukan olah Bupati Padang Pariaman, pasalnya ada hal yang tidak biasa dilakukan oleh seorang pejabat publik yakni me­majangkan jumlah gajinya di papan infor­masi publik.

Ketika kebanyakan pejabat publik enggan atau risih diketahui oleh publik berapa nominal gajinya, berbeda dengan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni yang dengan keter­bukaannya memajangkan jumlah gajinya di kantor PPID Padang Pariaman untuk dilihat oleh semua masyarakat dan pihak-pihak lainnya.

“Keren, ini bukti keterbukaan informasi publik konkret dari kepala daerah menempel gaji bulanannya di papan informasi,”ujar mantan wartawan senior Syamsu Rizal saat meninjau ruang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Padang Pariaman sebelum pelaksanaan sosialisasi UU 14 Tahun 2008 dan penandatanganan Pakta Integritas jajaran PPID se-Kabupaten Padang Pariaman, Senin (18/4).

Syamsu Rizal  juga mengatakan, tidak hanya gaji bahkan anggaran proyek 2016, dana nagari dan program lainnya terpajang lengkap di papan informasi tersebut. “Bahkan di website resmi informasi dan dokumentasi itu bisa diakses,” ujar petugas PPID Padang Pariaman Hendra. Sementara itu, menurut Ali Mukhni keterbukaan informasi di kabupatennya adalah keniscayaan. “Jangan ada pelayan masyarakat di Padang Pariaman yang tertutup dan sampai marabo (marah) dimintai informasi oleh masyarakat,”ujarnya.

Bupati yang menjalani jabatan periode kedua ini mengatakan fakta integritas yang ditandatangani hanya di atas kertas saja. “Harus diaplikasikan karena ini perintah UU 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, sehingga saya tak risih gaji saya dipajang di papan informasi,” ulas Ali Mukhni. Pada papan bisa dilihat gaji bupati 6 jutaan dan wakil bupati 5 jutaan.”Saya surprise keterbukaan informasi publik yang selalu maju di sini,” tambah Wakil Ketua KI Sumbar, Arfitriati. (h/rel/rin)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]