Bupati Padang Pariaman Umumkan Jumlah Gaji


Selasa, 19 April 2016 - 03:27:30 WIB

PADANG, HALUAN — Ketua Komisi Informasi Sumbar Syamsu Rizal meng­apresiasi keterbukaan informasi yang dilakukan olah Bupati Padang Pariaman, pasalnya ada hal yang tidak biasa dilakukan oleh seorang pejabat publik yakni me­majangkan jumlah gajinya di papan infor­masi publik.

Ketika kebanyakan pejabat publik enggan atau risih diketahui oleh publik berapa nominal gajinya, berbeda dengan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni yang dengan keter­bukaannya memajangkan jumlah gajinya di kantor PPID Padang Pariaman untuk dilihat oleh semua masyarakat dan pihak-pihak lainnya.

“Keren, ini bukti keterbukaan informasi publik konkret dari kepala daerah menempel gaji bulanannya di papan informasi,”ujar mantan wartawan senior Syamsu Rizal saat meninjau ruang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Padang Pariaman sebelum pelaksanaan sosialisasi UU 14 Tahun 2008 dan penandatanganan Pakta Integritas jajaran PPID se-Kabupaten Padang Pariaman, Senin (18/4).

Syamsu Rizal  juga mengatakan, tidak hanya gaji bahkan anggaran proyek 2016, dana nagari dan program lainnya terpajang lengkap di papan informasi tersebut. “Bahkan di website resmi informasi dan dokumentasi itu bisa diakses,” ujar petugas PPID Padang Pariaman Hendra. Sementara itu, menurut Ali Mukhni keterbukaan informasi di kabupatennya adalah keniscayaan. “Jangan ada pelayan masyarakat di Padang Pariaman yang tertutup dan sampai marabo (marah) dimintai informasi oleh masyarakat,”ujarnya.

Bupati yang menjalani jabatan periode kedua ini mengatakan fakta integritas yang ditandatangani hanya di atas kertas saja. “Harus diaplikasikan karena ini perintah UU 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, sehingga saya tak risih gaji saya dipajang di papan informasi,” ulas Ali Mukhni. Pada papan bisa dilihat gaji bupati 6 jutaan dan wakil bupati 5 jutaan.”Saya surprise keterbukaan informasi publik yang selalu maju di sini,” tambah Wakil Ketua KI Sumbar, Arfitriati. (h/rel/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 06 Desember 2016 - 01:35:22 WIB

    Gubernur Lantik Pj Bupati Mentawai

    Gubernur Lantik Pj Bupati Mentawai PADANG, HALUAN — Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, menjalankan tampuk kepemimpinan (Pj) Bupati di Kabupaten Kepulauan Mentawai, kesuksesan kepemimpi­nannya diukur dari suksesnya pelak­sanaan pilkada 2017 dan jala.
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 02:42:47 WIB

    Plt Bupati Mentawai: Netralitas PNS Harga Mati

    Plt Bupati Mentawai: Netralitas PNS Harga Mati PADANG, HALUAN — Ke­pala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sumbar Syafrizal resmi menduduki jabatan Plt Bupati Kabu­paten Kepulauan Mentawai. Ke depan, ia berkomitmen untuk menjaga netralitas, khususnya dalam pelak­sa.
  • Rabu, 17 Februari 2016 - 03:49:25 WIB

    Bupati: Mentawai Menuju Bali Kedua

    PADANG, HALUAN — Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet memastikan iden­titas kabupaten yang ia pimpin akan cenderung mengarah ke sektor pariwisata. Bahkan, ia tak ragu menyebut bahwa Men­tawai akan menuju Bali kedua .
  • Senin, 15 Februari 2016 - 03:18:06 WIB
    Undangan Dibatasi

    12 Bupati/Walikota Dilantik Serentak Rabu Depan

    PADANG, HALUAN — Pemerintah Provinsi Sumbar membatasi jumlah undangan acara pelantikan serentak pasangan Bupati/Walikota terpilih pada, Rabu 17 Februari 2016 men­datang. Masing-masing calon kepala daerah hanya mendapatkan .
  • Sabtu, 23 Januari 2016 - 04:53:08 WIB

    Pj Bupati Agam Dilantik Hari Ini

    PADANG, HALUAN — Hari ini, direncanakan Penjabat Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek akan melantik Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Jefrinal Arifin menjadi Penjabat (Pj) Bupati Agam. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]