Penyalahgunaan Narkotika Jenis Sabu

Oknum PNS Divonis 16 bulan


Selasa, 19 April 2016 - 03:27:49 WIB

PADANG, HALUAN —  Ga­briel Sakeru (41), oknum pega­wai negeri sipil (PNS) pada Badan Penanggulangan Ben­cana Da­e­rah (BPBD) Kabu­paten Ke­pulauan Mentawai tampak te­nang saat dijatuhi hukuman pidana selama 16 bulan. Putusan itu lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) dalam kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu yang di­lakoninya.

Pantauan Haluan saat si­dang pembacaan putusan di Pe­nga­dilan Negeri (PN) Padang, Senin (19/4) , Majelis Hakim yang diketuai Yose Ana Roslinda bertanya kepada terdakwa ter­kait pe­nerimaan amar putusan te­r­sebut, terdakwa pun menya­takan menerima dan siap men­jalankan hukuman.

Gabriel Sakeru terbukti ber­salah melakukan tindak keja­hatan penyalahgunaan nar­ko­tika jenis sabu. Dalam dak­waan­nya diterangkan, Gabriel mem­peroleh sabu-sabu dari Ronal seharga Rp700 ribu. Transaksi berlangsung di ka­wasan Parak Laweh Kota Pa­dang pada 28 November 2015 lalu.

Setelah membeli paket sa­bu-sabu, Gabriel pun bertolak ke mentawai. Sesampainya di rumah, ia menaruh sabu-sabu tersebut ke dalam dua buah kaca pirek yang kemudian ikut menjadi bukti tindak ke­ja­hatan­nya. Setelah men­da­pat­kan informasi dari warga, pi­hak kepolisian melakukan peng­­­geledahan di rumah ter­dak­wa, dan menemukan se­buah tas hitam berisi dua kaca pirek, kompeng berwarna ku­ning, serta sisa pakai sabu-sabu seberat 2,78 gram.

Atas tindakannya, Majelis menetapkan terdakwa terbukti bersalah telah melanggar pasal 127 Ayat 1 UU Nomor 35 tentang narkotika. Jika ditilik dari tuntutan Amelia Sari selaku JPU kasus ini, vonis terhadap pelaku dinilai terlalu ringan karena JPU menuntut terdakwa dengan hukuman dua tahun penjara.

Pasutri

Sementara itu di tempat dan hari bersamaan, pasangan suami istri (pasutri) Andi Romi Wahyudi (33) dan Mona Trianda Farma (34) dituntut oleh JPU, Dewi Elvi Susanti, dengan hukuman pidana ma­sing-masing tiga tahun penjara karena keterlibatan keduanya dalam kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu.

Mendengar tuntutan ter­sebut, pasutri ini tak kuasa menahan tangisan di kursi pesa­kitan, sambil menyesali per­buatan dan memohon ke­pa­da Majelis Hakim agar men­da­patkan keringanan hu­ku­man.  

Sidang pembacaan tun­tutan yang diketuai Yose Ana Roslinda, dengan hakim ang­gota Nasorianto dan Sutedjo pun memutuskan untuk me­lan­jutkan sidang pada pekan depan untuk pembacaan amar putusan. “Kami akan ber­mu­syawarah untuk vonis kasus ini. Sidang akan dilanjutkan pekan depan,” kata Yose Ana se­belum mengetuk palu.

Berdasarkan dakwaan yang dibacakan JPU, dijelaskan bahwa terdakwa ditangkap saat dilakukannya razia gabungan di Kelurahan Gates Nan XX, pada 3 Desember. Saat itu kedua terdakwa tengah berada dalam perjalanan dari Padang menuju Pesisir Selatan. Saat polisi melakukan pe­meriksaan di dalam mobil, ditemukan alat bukti narkotika jenis sabu di dekat tempat duduk ter­dakwa. (h/isq)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 23 September 2016 - 18:26:43 WIB

    Diduga Terlibat Illegal Loging, Oknum Polisi di Pessel Ditangkap Propam

    Diduga Terlibat Illegal Loging, Oknum Polisi di Pessel Ditangkap Propam PAINAN, HALUAN - Seorang oknum anggota Kepolisian Resor (Polres) Pesisir Selatan, ditangkap tim Propam karena diduga terlibat kasus illegal logging pada Jumat (23/9) dini hari, sekira pukul 01.00 WIB..
  • Sabtu, 23 Juli 2016 - 23:37:50 WIB

    Warga Tangkap Basah Oknum Guru TK yang Sedang Asik Berindehoi

    Warga Tangkap Basah Oknum Guru TK yang Sedang Asik Berindehoi PADANG, HALUAN - Seorang Guru Taman Kanak-Kanak (TK) berinisial R (26) di kawasan Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang diamankan oleh warga setempat setelah tertangkap basah berbuat mesum bersama pasangannya, E (24.
  • Rabu, 22 Juni 2016 - 19:40:38 WIB
    Kasus Kepemilikan Sabu

    Oknum Pengaman Lapas Muaro Dituntut Lima Tahun

    Oknum Pengaman Lapas Muaro Dituntut Lima Tahun PADANG, HALUAN - Syahrial (36), warga Kuranji yang juga oknum petugas pengamanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Muaro Padang, dituntut dengan hukuman lima tahun penjara atas kasus kepemilikan narkotika jenis sabu,.
  • Jumat, 20 Mei 2016 - 05:14:06 WIB
    Giliran Padang Digoyang Kasus Amoral

    Oknum Guru Diduga Cabuli 15 Siswi

    Oknum Guru Diduga Cabuli 15 Siswi PADANG, HALUAN — Kasus amo­ral yang menghebohkan jagat nu­santara, mulai dengan kasus Yy di Bengkulu yang diperkosa banyak pria, lalu kasus Eno di Kosambi, Tangerang, Banten, ternyata juga terjadi di Sumbar. Ada dua peris.
  • Selasa, 26 April 2016 - 03:53:58 WIB

    Mantan Oknum TNI Didakwa Merambah Hutan

    PADANG, HALUAN – Didakwa melakukan penebangan dan mengangkut hasil hutan tanpa izin di Bengkalis, Provinsi Riau, mantan anggota TNI, Sudikdo (46) disidang di Pengadilan Militer 1-03 Padang, Senin (25/4)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]