Hendra Irwan Rahim: Sumbar Butuh Konsultan Pariwisata


Selasa, 19 April 2016 - 03:32:14 WIB
Hendra Irwan Rahim: Sumbar Butuh Konsultan Pariwisata KETUA DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim menjadi pembicara pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbang) Sumatera Barat di Hotel Pangeran Beach Padang, Senin, (18/4).

PADANG, HALUAN — Jika Pemprov Sumbar ingin me­musatkan perhatian kepada bidang pariwisata, maka yang paling utama harus dibenahi yaitu Sumber Daya Manusia (SDM)-nya. Pem­benahan SDM ini bisa dila­ku­kan de­ngan meman­faat­kan jasa konsultan pariwisata.

Hal ini diungkapkan Ke­tua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Hendra Irwan Ra­him dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbang) Su­matera Barat di Hotel Pangeran Beach Padang,  Senin (18/4).

“Sumbar ini yang tinggal dan bisa dibanggakan itu memang pariwisata. Sehingga dibutuhkan persiapan terutama dalam ke­siapan masyarakat Sumbar sen­diri menerima pariwisata,” te­rangnya.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan yaitu dengan meman­faatkan jasa konsultan pariwisata. Memang untuk memakai jasa konsultan pariwisata ini memang mahal. “Bagaimana konsultan ini bisa mempersiapkan pariwisata Sumbar dan bisa membantu untuk mengubah perilaku masya­rakat Sumbar untuk menerima pariwisata,” ujarnya.

Untuk penyediaan sarana prasarana pariwisata menurut Hendra tidak lah sulit, namun yang paling sulit selama ini memang bagaimana membangun bahwa masyarakat Sumbar itu sadar dengan pariwisata agar pariwisata akan berkembang. “Ia sadar bahwa pariwisata akan membangun kehidupannya ke­lak,” paparnya.

Dilanjutkan Hendra bahwa konsep yang bisa ditawarkan yaitu bagaimana masyarakat Sumbar bisa memberikan atau menonjolkan kearifan lokalnya, bukan malah mengikuti keingi­nan wisatawan asing (Wisman).

“Ketika mereka ke Sumbar harus memakai celana galem­bong, bukannya malah mengikuti keinginan mereka untuk tetap memakai celana pendek. Ketika aturan itu dibuat mereka akan mengikutinya,” terangnya.

Terkait dengan kendala ba­hasa asing yang selama ini dike­luh­kan kata politisi Partai Gol­kar ini, bisa dilakukan dengan membuat kampung-kampung, RT bahasa Inggris yang nantinya akan membantu turis asing. “Ini kalau dilakukan bersama-sama tidak menjadi kendala. Hanya saja yang perlu dilakukan saat ini memang menyiapkan ma­nusia­nya,” paparnya.

Apabila kesiapan ini telah dilakukan maka untuk anggaran akan mudah untuk dianggarkan ke depannya untuk pengem­bangan pariwisata tersebut. “Ang­garan ini akan kita bahas, tapi kita juga berharap agar kabu­paten/kota memang menye­diakan anggaran khusus untuk pari­wisata,” katanya.

Hendra menekankan agar rencana pembangunan ke depan mengacu kepada Rancangan Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah dan RPJP nasio­nal sehingga sehingga rencana pembangunan tahunan yang akan dilaksanakan merupakan apli­kasi dari RPJPD dan RPJP nasio­nal serta RPJM.

 Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menambahkan, prio­ritas pembangunan daerah Suma­tera Barat tahun 2017 salah satunya,  Pengembangan Pariwi­sata Industri, Perdagangan, Kope­rasi  UMKM Dan Peningkatan Investasi Pengembangan industri kreatif yang mendorong usaha ekonomi yang mendukung ke­giatan pariwisata di destinasi pariwisata.

“Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat di sekitar des­tinasi untuk mengembangkan ekonomi kreatif sesuai dengan potensi dan budaya lokalnya,” ungkapnya. (h/isr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Oktober 2016 - 01:47:04 WIB
    2 TAHUN JOKOWI-JK, MAHASISWA SUMBAR BERUNJUK RASA

    Hendra: Akan Diteruskan ke Pusat

    Hendra: Akan Diteruskan ke Pusat PADANG, HALUAN —Ber­te­patan dengan dua tahun pemerintahan Jokowi-JK yang jatuh pada 20 Oktober, ratusan mahasiswa yang me­namakan diri Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sumatera Barat (Sumbar) ber­unjukrasa ke ge.
  • Kamis, 07 April 2016 - 03:56:00 WIB
    Tinjauan UN ke Tanah Datar

    Hendra Dukung UN Berbasis Komputer di Sumbar

    Hendra Dukung UN Berbasis Komputer di Sumbar PADANG, HALUAN — De­wan Perwakilan Rakyat (DPRD) Sumbar berharap tahun depan semua Sekolah Menengah Atas dan Keju­ruan (SMA/SMK) tahun 2017 semuanya telah Ujian Nasional (UN) berbasis komputer. DPRD menilai dengan sistem .
  • Selasa, 12 Januari 2016 - 02:51:11 WIB

    Hendra Didapuk Pimpin Golkar

    Hendra Didapuk Pimpin Golkar PADANG, HALUAN— Partai Golkar langsung bergerak menyusul keputusan pemerintah soal keabsahan pengurus partai yang dilanda perpecahan sejak setahun terakhir. Proses pembentukan pengurus ke level bawah melalui proses Musda (m.
  • Ahad, 14 Juni 2015 - 19:46:03 WIB

    Kader Golkar Dukung Duet IP-Hendra

    PADANG, HALUAN — Sebagai petahana, Irwan Prayitno (IP) mendapat sambutan cukup baik dari beberapa partai dan calon yan.

  • Senin, 06 April 2015 - 19:40:49 WIB

    Irwan Optimis, Hendra Waspada

    MUSRENBANG SUMBAR 2016

    PADANG, HALUAN – Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memastikan arah pembangunan ekonomi Sumbar tahun 2016 mendatang lebih kepada arah pengembangan bidang agraris. Hal ini cukup.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]