Terbaik Penyusunan RKPD

Sawahlunto Terima Anugerah Pangripta 2016


Selasa, 19 April 2016 - 03:32:57 WIB
Sawahlunto Terima Anugerah Pangripta 2016 WALIKOTA Sawahlunto terima piala Pangripta Terbaik Sumbar dari Wagub Sumbar Nasrul Abit. (HUMAS)

PADANG, HALUAN—Raih Anugerah Pangripta Nu­santara 2016, dalam penyu­sunan Rencana Kerja Peme­rintah Daerah (RKPD) ting­kat Sumbar, akhirnya Kota Sawahlunto mewaliki Ra­nah Minang dalam peni­laian nasional tahap IV.

Anugerah berupa pia­gam dan piala Pangripta Nusantara 2016 tingkat Sumbar itu, diterima lang­sung Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf dari tangan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, di Pengeran Beach Hotel Padang, Senin (18/4).

Bagi Ali Yusuf, penghargaan yang disematkan dalam acara Musrenbang Provinsi Sumbar itu, merupakan buah dari kerja sama antara eksekutif, legislatif, serta partisipasi selauruh lapisan mas­yarakat Sawahlunto.

“Kita menekankan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait untuk mampu merang­kum semua perencanaan pemba­ngunan dengan melibatkan selu­ruh sektor, termasuk masya­rakat,” kata Ali Yusuf.

Penghargaan ini, sebutnya, merupakan bentuk motivasi untuk mendorong komitmen bersama dalam merencanakan, sekaligus melaksanakan amanah pembangunan. Sehingga apa yang diharapkan masyarakat, sesuai dengan cita-cita pembangunan.

Pemerintah sangat bersyukur, ujar mantan Ketua DPRD Sawah­lunto itu, apa yang diperbuat, telah dapat dirasakan dampaknya ter­hadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dimana pertum­buhan ekonomi Sawahlunto di atas per­tumbuhan ekonomi pro­vinsi.

Yang tidak kalah pentingnya, persentase angka kemiskinanpun juga terus mengalami penurunan, yang berada di posisi 2,25 persen, atau terkecil ketiga di level na­sio­nal,” ungkap bapak tiga anak itu.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, sangat meng­apre­siasi kecepatan dan ketepatan pemerintah kota Sawahlunto dalam menyusun RKPD, dalam mengakomodir semua masukan mulai dari tingkat bawah.

Sehingga pemerintah pro­vinsi menilai penyusunannya akan berhasil dalam pemba­ngunan di daerahnya. Nasrul Abit juga mengatakan sinergitas untuk membangun kota dan kabupaten dengan pemerintahan provinsi, sangat diperlukan se­hingga setiap program yang dibuat dapat merata berdasarkan prioritas pembangunan di daerah masing masing.

Penghargaan Pangripta Nu­santara merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang memiliki perencanaan pem­bangunan terbaik dan dinilai sukses meningkatkan kualitas pembangunan daerah.

Sebelumnya, dalam penilaian tahap III, Kota Sawahlunto ma­suk dalam enam nominasi Anu­gerah Pangripta Nusantara 2016. Setelah penilaian dokumen ram­pung, dilakukan penilaian yang melibatkan para akademisi dari beberapa perguruan tinggi di Sumbar.

Para akademisi, didampingi tim teknis yang berasal dari Bappeda Provinsi Sumbar, lang­sung bertatap muka, berdialog dengan satuan perangkat daerah, kepala desa, lurah, lembaga swadaya masyarakat, dan para jurnalis.

Dalam kesempatan itu, Ke­pala Bappeda Sawahlunto, Andy Rastika mengungkapkan, pihak­nya telah melakukan inovasi perencanaan pembangunan, de­ngan pengukiran pencapaian kinerja RPJMD Sawahlunto ta­hun 2014.

Dimana, nilai pencapaian prioritas pembangunan 2014 mencapai 91,56 persen. Sedang­kan pencapaian misi sebesar 69 persen, yang disusul pencapaian visi sebesar 97,84 persen.

Pekan lalu, Pemerintah Kota Sawahlunto, juga mengikuti peni­laian tahap IV di tingkat nasional, yakni penilaian dalam bentuk wawancara dan ekspos, yang disampaikan di hadapan tim penilaian nasional, di Kemen­terian Perencanaan Pembangu­nan Nasional. (h/adv)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]