Hari Ini, FPM 2016 Digelar

Kemenpar Subsidi Tiket Kapal ke Mentawai


Selasa, 19 April 2016 - 03:33:52 WIB
Kemenpar Subsidi Tiket Kapal ke Mentawai

PADANG, HALUAN —Kemen­te­rian Pariwisata (Kemenpar) RI akan mensubsidi tiket kapal cepat ke Mentawai selama gelaran acara Festival Pesona Mentawai (FPM) 2016. Kegiatan yang digelar di Pantai Mapadegat, Tuapejat di Pulau Sipo­ra, Kepulauan Mentawai itu, resmi dibuka mulai hari ini, Selasa 19 hingga 24 April 2016 mendatang.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar RI, Raseno Arya mengatakan, Ke­menpar akan memberikan subsidi

tiket kapal sebesar Rp50 ribu untuk tiket kapal Mentawai Fast dari Padang ke Tuapejat. Selain subsidi dari Kemenpar, pemilik kapal juga akan memberikan potongan harga sebesar Rp50 ribu.

“Jadi harga tiket yang sedia­nya Rp250 ribu, selama sepekan pelaksanaan FPM 2016, cukup dibeli dengan harga Rp150 ribu saja,” kata Raseno.

Dikatakan, Kemenpar sengaja memberikan subsidi tiket kapal ke Mentawai, agar kunjungan wisatawan meningkat selama kegiatan FPM 2016. Kemen­terian kata Raseno, mengingin­kan agar FPM 2016 heboh, me­riah, semarak dan ramai. Karena selain gelaran iven budaya lokal dan nasional, iven ini juga meli­batkan dunia internasional. “Ma­ri kita beramai-ramai ke Men­tawai,” ajak Raseno.

Dikatakan Raseno, selain untuk meningkatkan kunjungan wisman dan wisnus ke Mentawai, pelaksanaan FPM 2016 yang didukung sepenuhnya Kemen­terian Pariwisata itu, juga diha­rapkan akan sekaligus menjadi sarana promosi Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia, demi mendukung tercapainya target 12 juta kunjungan wisman dan 260 juta pergerakan wisnus tahun ini. 

Berangkat Setiap Hari

Sementara Kepala Dinas Ke­bu­dayaan dan Pariwisata Men­tawai, Desti Seminora mengata­kan, selama FPM 2016, kapal akan berangkat rutin sekali setiap hari dari Padang ke Tuapejat. Tiket yang biasanya Rp250 ribu, selama sepekan kegiatan FPM 2016 terang Desti, cukup dibeli penumpang dengan harga Rp150 ribu saja. “Sisanya disubsidi oleh Kemenpar dan pemilik kapal,” kata Desti.

Biasanya terang Desti, kapal cepat Mentawai Fast hanya ber­operasi tiga kali dalam seminggu ke Tuapejat. Ia berharap, harga tiket kapal yang lebih murah akan menarik banyak pengunjung un­tuk datang menyaksikan FPM 2016, yang merupakan iven per­da­na yang digelar Pemerintah Kabupaten Kepulauan Men­tawai.

“Melalui FPM 2016, kita menargetkan kunjungan wisa­tawan mancanegara dan wisata­wan nusantara ke Mentawai, akan meningkat hingga 30 persen dari tahun 2015 lalu. 10 ribu untuk wisman dan 4.000 untuk wisnus,” pungkas Desti.

Selain berbagai atraksi dan kegiatan pertunjukan seni budaya seperti prosesi unik pernikahan adat, permainan rakyat khas Men­tawai, karnaval budaya, lomba lagu dan tari tradisi, prosesi rajah tato tradisional, pertunjukan budaya dan festival kuliner tradisional, juga akan digelar Mentawai Pro Surf 2016, yang melibatkan ratusan pese­lancar dunia.

“Akan ada banyak kegiatan lainnya selama FPM 2016 ini. seperti jelajah hutan mangrove, pelepasan penyu, penanaman terumbu karang, lomba pacu perahu Mentawai, pameran po­ten­si Mentawai, pameran desti­na­si bahari seperti surfing, me­nye­lam, snorkeling dan sebagai­nya,” papar Desti. (h/yan)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]