Hen Arif Boy Ketua Terpilih

Forum Walinagari IV Jurai Terbentuk


Selasa, 19 April 2016 - 11:32:22 WIB

PAINAN, HALUAN — Hen Arif Boy Datuk Rajo Alam akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai ketua Forum Walinagari se Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan priode 2016-2018. Kegiatan pemilihan tersebut berlangsung dalam suatu pertemuan para Walinagari se kecamatan IV Jurai di ruang pertemuan kantor Camat  IV Jurai, Pessel, Senin( 18/4).

Para pengurus Forum Walinagari IV Jurai Pessel tersebut yaitu, ketua Hen Arif Boy Datuk Rajo Alam, Wakil Ketua Aidil Khatib Mingkudun, Sekre­taris Sya­fri Dodi, Wakil Sekretais Edi Amanto, Ben­dahara Nova Rita.

Pembentukan forum ini dimaksud  untuk memu­dahkan berbagai urusan. Artinya, dengan adanya fo­rum ini setidaknya dapat membantu tugas Camat dalam bidang komunikasi dengan para Walinagari yang ada di daerah setempat.

Ketua Forum Wali Na­ga­ri IV Jurai Hen Arif Boy Datuk Rajo Alam menga­takan, pembentukan Forum Walinagari merupakan kese­pakatan bersama para Wali­nagri. “Forum ini untuk mempererat tali silaturahim antar para Walinagari seke­camatan IV Jurai Pessel, kemudian memudahkan penyampaian informasi ke Nagari,” jelasnya.

Keberadaan Forum Wa­li­nagari kecamatan IV Jurai Pessel sebelumnya sudah ada, namun belum berfungsi secara maksimal. Maka dalam pertemuan tersebut, kepengurusan Forum lama dibubarkan, kemudian di­ben­tuk Forum Walinagari yang baru, karena ketua forum yang lama sudah habis masa kepemim­pi­nanya sebagai Walinagari, kondisi tersebut membuat berbagai kegiatan menjadi fakum, apalagi kepe­ngu­rusannya tidak ada lega­litasnya berupa surat kepu­tusan ( SK), ulasnya.

Pembentukan Forum Walinagari kecamatan IV Jurai ini dimediasi oleh Camat IV jurai Pessel Ali Nasril.

Camat memberikan ara­­han tentang kelancaran tu­gas camat, apalagi Wali­nagari merupakan perpan­jangan tangan pemerintah di tingkat bawah (Nagari), kemudian ikut ber­tang­gung jawab di dalam pem­bangu­nan daerah, teru­tama  ber­tanggung jawab dalam pem­bangunan nagari. Apa­lagi Wa­li nagari meru­pakan pim­­­pinan dalam Nagari di­dalam mengayoni ma­sya­rakat­­nya.

Dengan terbentuk Fo­rum Walinagari se keca­matan IV Jurai ini, salah satu upaya terwujudnya rasa ke­ber­samaan antara Wa­lina­gari. Melalui pengurus fo­rum yang menjadi keper­ca­yaan anggota, setidaknya mampu meringankan beban anggota dalam berbagai uru­san dengan pihak keca­matan maupun kabupaten dan in­for­masi bisa pua de­ngan ce­pat sampai di nagari. (h/mjn)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]