Dekranasda Buka Gerai Bordir Motif Melayu


Rabu, 20 April 2016 - 02:22:33 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Para wisatawan yang berkun­jung ke Kota Pekanbaru akan dimudahkan untuk me­nemu­kan oleh-oleh khas Pekanbaru khusus untuk pakaian Melayu.

Kemudahan tersebut dida­patkan lantaran saat ini telah dibuka gerai bordir motif Melayu di kantor Dewan Ke­ra­jinan Nasional Daerah (Dek­ra­nasda) Kota Pekan­baru, Jalan Durian, Keca­matan Payung Sekaki.

“Tujuan dibukanya gerai bordir ini untuk mem­per­kenalkan motif Melayu kepa­da pengunjung yang singgah di Dekranasda dan juga untuk mengetahui tentang kebe­ragaman kesenian di Riau, Khususnya Pekanbaru .

Hanya tinggal pesan sesuai dengan motif yang diinginkan sebagai oleh- oleh. “ kata Ketua Dekranasda Pekanba­ru, Asmita Firdaus, Senin (18/4).

Bicara harga jual, kata Asmita, terjangkau karena disesuaikan dengan tingkat kerumitan saat pembua­tan­nya, mulai dariRp100 ribu- Rp350 ribu, tergantung kepa­datan motif dan jenis benang yang digunakan.

Di tempat itu ada dua orang perempuan pembordir yang siap menunjukkan kehe­batannya di bidang seni motif Melayu.

“Mereka akan menun­jukan karya bordir motif Me­la­yu yang sudah dan sedang dikerjakan, para pembordir diambil dari kaum ibu ahli bordir Melayu, sehingga jika ada pesanan untuk oleh-oleh pengunjung, bisa dilayani ditempat.“ urainya.

Asmita juga mene­rang­kan, bordir motif Melayu perlu dilestarikan, karena saat ini sudah sedikit kaum wanita yang tahu dan menggeluti bordir motif ini.

Padahal, bordir motif Me­layu tidak kalah bagus dan unik jika dipadukan dengan desain modern.

Seperti siku awan, motif pucuk rebung, siku kiluang, tampuk manggis, itik pulang petang, lokan-lokan dan lain-lain.

Semua motif ini dicip­takan sesuai peruntukan pa­kaian dan jenis kelamin yang menggunakan.  (h/hr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]