Bintan Luncurkan Program Akte Cepat


Rabu, 20 April 2016 - 02:24:02 WIB
Bintan Luncurkan  Program Akte Cepat Bupati Bintan Apri Sujadi saat memberikan akte kelahiran dalam launching akte kelahiran cepat kepada salah seorang warga di Aula Kantor Camat Bintan Timur.

BINTAN, HALUAN — Prog­ram Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bintan untuk mem­berikan kemudahan dalam pembuatan akte kelahiran se­cara cepat, telah terwujud. Senin (18/4) pagi, bertempat di Aula Kantor Camat Bintan Timur, Apri dan Dalmasri meluncurkan secara perdana penerapan program akte kela­hiran cepat.

Kepada warga yang hadir, Apri meminta agar untuk men­dukung program yang dica­nangkannya sejak masa kam­panye dulu. Ia berharap warga yang hendak melahirkan agar kiranya dapat mempersiapkan nama anaknya semasa masih dalam kandungan.

“Siapkan nama sewaktu kandungan berusia masih 8 bulan, karena pembuatan akte­nya kan cepat. Jadi nama mesti disiapkan,” ujar Apri disambut riuh tepuk tangan dan tawaan warga yang hadir saat itu.

Namun demikian, Apri juga berharap kepada warganya selain mempersiapkan nama anaknya sebelum dilahirkan, mesti juga dipersiapkan ber­bagai persyaratan layaknya pembuatan akte seperti yang sebelumnya sudah berjalan.

Kendati bisa cepat siap, Apri juga menjelaskan ada pengecualian bila berkas bayi yang lahir masuk ke Kantor Kecamatan di atas pukul 11.00 WIB, maka prosesnya akan berlangsung keesokan harinya. Tetapi, bila berkasnya dima­sukan di bawah pukul 11.00 WIB, bisa dipastikan akte kela­hiran bisa siap pada hari itu juga.

Agar masyarakat tak keliru dan tahu program peningkatan pelayanan catatan sipil, Apri  menambahkan, peran bidan desa yang tersebar di berbagai wilayah sangat penting.

Jadi, kata dia, masyarakat yang melahirkan bayinya di bidan bakal diarahkan oleh para bidan desa untuk segera melaporkan dan mengurus ke kantor kecamatannya masing-masing guna mendapatkan akte kelahiran anaknya secara cepat.

“Tentu saja peran bidan desa nanti akan mengin­for­masikan kepada warga yang melahirkan untuk langsung mengurusnya di kantor keca­matan supaya akte kelahiran anaknya bisa segera disiapkan,” ujarnya.

Bila program ini sukses dijalankan, pihaknya berjanji akan kembali meningkatkan pelayanan pembuatan akte kelahiran lebih singkat lagi. Salah satunya, masyarakat bisa mendapatkan akte kelahiran bayinya langsung di rumah sakit maupun Puskesmas.

Sementara itu, Kepala Dis­dukcapil Bintan, Yudha Inang­sa mengatakan, kegiatan yang digelar kali ini memang dimak­sudkan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat terkait catatan sipil.

“Kedepan, pendaftaran cu­kup di kantor camat saja, bah­kan di desa dan kelurahan juga bisa nantinya,” ujar Yudha.

Kedepannya, kata Yudha, pihaknya berencana akan me­ngem­bangkan aplikasi yang lebih mempermudah pelaya­nan catatan sipil warga Bintan.

Misalnya, mengembangkan program aplikasi yang terin­tegrasi secara online, sehingga masyarakat cukup melakukan pengurusan akte kelahiran melalui smartphone.

“Hanya dengan internet smartphone bisa langsung daf­tar pembuatan akta kelahiran,” ucap Yudha.

Dalam kegiatan tersebut juga disejajarkan dengan pem­bagian bantuan insentif kepada para Ketua RT dan RW dan LPM yang ada di tiga keca­matan, yakni Bintan Timur, Mantang serta Bintan Pe­sisir.(h/cw95)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 23 September 2016 - 02:23:26 WIB

    PPNS Disperindag Bintan Temukan Produk Tak SNI

    BINTAN, HALUAN — Penyidik Pega­wai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Perin­dustrian dan Perdagangan (Dispe­rindag) Bintan, Setia Kurniawan kaget melihat banyaknya produk eletronik yang tak memiliki label Standar Nasional Indone.
  • Rabu, 21 September 2016 - 01:49:21 WIB

    Perekaman Data E-KTP di Bintan Hampir Rampung

    BINTAN, HALUAN — Me­masuki minggu keempat bulan September 2016, jumlah pen­duduk wajib ber KTP di Bintan sudah hampir selu­ruhnya me­lakukan pe­rekaman da­ta KTP Elek­tronik atau e-KTP..
  • Rabu, 14 September 2016 - 02:07:15 WIB

    Produk Tidak SNI di Bintan Rawan Diselundupkan

    BINTAN, HALUAN — Pen­yidik Pegawai Negeri Sipil (PP­NS) di Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Koperasi serta UKM (Disperindagkop UKM) Bintan, Setia Kurniawan men­sinyalir produk-produk tak ber­label SNI rawan di­sel.
  • Senin, 29 Agustus 2016 - 02:09:55 WIB

    Ironman Bintan Diikuti 51 Negara

    Ironman Bintan Diikuti 51 Negara Tanjunguban, Haluan — Sebanyak 1.200 atlet dari 51 negara akan mengikuti Ironman 70.3 Bintan 2016 yang akan melombakan cabang olahraga renag, sepeda dan lari ma­rathon. Pelaksanaan Ironman 70.3 Bintan 2016 tersebut akan di.
  • Sabtu, 13 Agustus 2016 - 04:17:33 WIB

    Warga Bintan Diminta Waspadai Obat Palsu

    BINTAN, HALUAN — Ika­tan Apoteker Indonesia (IAI) mewanti-wanti ma­syarakat Indonesia, khu­susnya, di Kabupaten Bintan agar cer­das dalam menggunakan obat-obatan, terutama obat-obatan dengan kadar yang tergolong keras. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]