Disdikpora Beri Pembekalan Pada Pelajar


Rabu, 20 April 2016 - 02:25:12 WIB

Agam, Haluan — Dinas Pen­didikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Agam, memberikan pembekalan kepada pelajar dan pemuda terhadap peduli penanggulangan masalah narkoba di aula Disdikpora itu, Selasa (19/4).

Kasi Pemberdayaan Kelem­bagaan dan Pemuda Disdikpora Agam, Maswar, mengatakan, peserta pembekalan atau penyu­luhan ini berasal dari pengurus OSIS, organisasi kepemudaan serta pemuda utusan kecamatan dan nagari. Jumlah peserta se­banyak 312 orang yang terdiri dari tiga angkatan.

“Angkatan pertama pengurus OSIS SMA, SMK, MA, KNPI dan OKP. Angkatan ke dua pe­muda utusan kecamatan dan nagari dari sembilan kecamatan dan angkatan ke tiga pemuda utusan kecamatan dan nagari dari tujuh kecamatan,” terangnya.

Untuk memberikan penyu­luhan, kader-kader penyuluh harus diberikan pelatihan sehing­ga mampu memberikan sosia­lisasi mengenai bahaya narkoba kepada masyarakat di ling­ku­ngan­nya.

Dikatakan Maswar, peserta diberikan bekal pengetahuan dari berbagai tinjauan aspek hukum, kesehatan, psikologi, komunikasi dan sosial.

Materi yang diberikan antara lain kebijakan dan strategi bahaya penyalahgunaan narkoba dan upaya penanganan reha­bilitas, komunikasi efektif dan teknik presentasi, peranan kader terutama memberikan respon terhadap permasalahan narkoba.

“Secara perinsif pelatihan kader penyuluh anti narkoba merupakan salah satu kegiatan prioritas Pemkab Agam tahun 2016. Sebab, penangulangan masalah harus membutuhkan perhatian secara komperensif dengan melibatkan peran serta masyarakat secara aktif yang dilaksanakan secara berke­sinam­bungan, konsekwen dan kon­sisten,” katanya.

Namun, hal ini dilakukan berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 12 tahun 2011 tentang Pelaksanaan Jakstranas P4GN yang menjadi fokus utama di bidang pencegahan dengan upaya menjadikan siswa dan pelajar pendidikan menengah dan or­ganisai lainnya memiliki pola pikir, sikap dan terampil menolak peyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Dikatakan Maswar, pihkanya mengajak para peserta untuk peduli, mencegah dan memerangi peredaran gelap narkoba di ling­kungan sekolah dan perkam­pungan.

Selain itu, pihaknya juga menegaskan salah satu penyebab maraknya penyalagunaan dan peredaran gelap narkoba adalah karena ketidaktahuan dan rasa tidak peduli dari masyarakat terhadap bahaya yang dapat ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba.

Ia menambahkan, pelak­sa­naa­n kegiatan pembentukan kader penyuluh anti narkoba di lingkungan sekolah adalah me­ning­katnya pengetahuan ten­tang bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sehing­ga dapat mentransfor­masikan informasi yang telah diberikan selama kegiatan berlangsung. (h/amc)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 10 Mei 2020 - 01:24:09 WIB

    Disdikpora Solsel: PBM di Rumah Tidak Dibebani Target Capaian Kurikulum untuk Kelulusan Siswa

    Disdikpora Solsel: PBM di Rumah Tidak Dibebani Target Capaian Kurikulum untuk Kelulusan Siswa Semenjak wabah Covid-19 mulai merebak di Nusantara proses belajar mengajar (PBM) di sekolah dialihkan ke rumah menggunakan sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) atau sistem luar jaringan (luring), apabila wilayah sekita.
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 03:41:46 WIB

    Empat Pegawai Disdikpora Naik Haji

    BUKITTINGGI, HA­LU­AN — Empat pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Ol­a­h­raga (Disdikpora) Kota Bukittinggi memperoleh ke­sem­patan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini..
  • Kamis, 02 Juni 2016 - 04:56:14 WIB

    Disdikpora Persiapkan Pesantren Ramadan

    BUKITTINGGI, HALUAN — Menyambut masuknya Bulan Suci Ramadan 1437 H, Pemko Bukittinggi melalui Dinas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dis­dikpora) Kota Bukittinggi melakukan pem­bahasan persiapan kegiatan pesantren Ra.
  • Kamis, 26 Mei 2016 - 04:53:33 WIB

    Disdikpora Sosialisasika SNP

    BUKITTINGGI, HALUAN — Dinas Pen­didikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Bukittinggi memberikan sosialisasi kajian dan analisis mutu pengelolaan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) kepada Kepala sekolah SMP, SM.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]