Cegah Perkembangan DBD

Dinkes Agam Turunkan Petugas ke Rumah Warga


Rabu, 20 April 2016 - 02:25:45 WIB

Agam, Haluan — Untuk mencegah penyakit demam berdarah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Agam menurunkan ratusan petugas guna melakukan pemantauan dan sosialisasi ke rumah-rumah warga.

Menurut Kadinkes Agam, Indra Rusli di Lubuk Basung Senin (18/4), petugas berasal dari 23 Puskesmas di 16 keca­matan, setiap orangnya melakukan sosialisasi dan pemantauan/pemeriksaan terhadap 10 rumah penduduk termasuk sekolah, rumah ibadah dan kantor pemerintah selama satu pekan ini.

Dengan pemantauan langsung seperti itu dapat diketahui secara pasti lokasi penyebaran nyamuk aedes aegypti seba­gai penular DBD, sehingga upaya me­mutus rantai perkembangbiakan nyamuk dan pemberantasanya lebih mudah dan efektif.

Kepada petugas juga diminta mem­berikan sosialisasi cara sederhana mem­berantas nyamuk dengan melakukan 3 M yakni menguras, menutup dan mengubur barang bekas yang menyebabkan ber­kembangnya jentik nyamuk, disamping iu juga memberikan sosialisasi tanda-tanda orang terjangkit DBD seperti terdapat bintik merah dan suhu badan yang meningkat tajam.

“Selain menurunkan petugas mela­kukan pemantauan dan sosialisasi Dinkes juga telah melakukan fogging di sejumlah tempat rawan DBD dan membagikan 50 kilogram bubuk abate obat pembasmi jentik nyamuk kepada 23 Puskesmas yang ada,” kata Indra.

Jumlah penderita DBD di Agam rata-rata 200-an orang lebih dalam satu tahun, berdasarkan data Dinkes Agam dari Januari hingga Maret 2016 terdapat kasus DBD 199 orang, sebelumnya pada tahun 2015 sebanyak 280 kasus, 2014 sebanyak 161 kasus, 2013 sebanyak 225 kasus. (h/ks)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]