Wabup dan Dandim Tanam Padi Perdana


Rabu, 20 April 2016 - 02:26:19 WIB
Wabup dan Dandim Tanam Padi Perdana Pemerintah Kabupaten Agam dengan Kodim 0304 ikut serta dalam menyukseskan Program Kementerian Pertanian RI.

Agam, Haluan — Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria ber­sama Dandim 0304 Agam Letkol Crh Chandy Cristian Riantory, Kapolres Agam, AKBP Eko Bhudi Purwono, Ketua LKAAM Agam, Yul Arnis Dt Maleka Nan Tinggi, melakukan tanam padi perdana di Silayang Jorong Satu Singuhung, Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Selasa (19/4).

Kegiatan ini merupakan prog­ram pemerintah pusat dengan alokasi 59 hektar cetak sawah baru di Kabu­paten Agam. Dari 59 hektare tersebut tersebar di 19 hektare di Silayang Jorong Sigu­hung dan direncanakan 40 hektare lagi dilakukan di Tiku Limo Jo­rong, Kecamatan Tanjung Mutiara Penanaman kali ini merupakan padi perdana pada sawah yang baru siap dicetak.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan satria, mengatakan, penanaman padi per­dana diharapkan  bisa me­ning­katkan ketahanan pangan. Apapun program Pemerintah pu­sat dan pemerintah daerah Kabu­paten Agam harus didukung secara ber­sama untuk seluruh ma­sya­rakat.

Ia juga Dinas Pertanian Kabu­paten Agam dapat membimbing dan memotivasi masyarakat untuk bisa mendorong perbaikan keta­hanan pangan. “Padi ditanam pada sawah siap dicetak. “Dengan dice­taknya sawah hingga dilakukan tanam perdana ini, ke depan bisa meningkatkan produksi padi ma­sya­rakat di Kabupaten Agam khususnya,” katanya.

Trinda Farhan turut mengu­capkan terimaksih kepada Kodim 0304 Agam yang telah berpar­tisipasi melakukan bakti sosial ini untuk meningkatkan perekono­mian ma­syarakat. Pada masa-sama selan­jutnya cetak sawah tersebut bisa lebih luas lagi dari pada sebelumnya sehingga benar-benar bermanfaat.

Kepala Dinas Pertanian Tana­man Pangan Hortikultura dan Peternakan (Dispertahornak) Kabupaten Agam Afdhal, menga­takan, kegiatan ini merupakan program pemerintah pusat. Secara keseluruhan di Indonesia cetak sawah baru dilakukan seluas 32.000 yang tersebar pada banyak daerah. (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]