TTG Butuh Dua Sentuhan


Rabu, 20 April 2016 - 02:28:08 WIB

PARIAMAN, HALUAN  — Wakil Walikota Genius me­ng­ingatkan, ada dua hal yang perlu dilakukan dari alat Teknologi Tepat Guna (TTG) yang sudah dicip­takan, yaitu perlunya sen­tuhan perguruan tinggi dan peran pemerintah dalam mengaksses permodalan.

Hal itu dikatakan Wakil Walikota Pariaman, pada acara sayembara meran­cang alat Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kota Pariaman tahun 2016 di Balairung rumah dinas wali­kota, Jumat (15/4).

Perlunya sentuhan per­guruan tinggi ini sangat penting gunanya untuk me­ngembangkan teknologi sederhana tersebut menjadi lebih tinggi dan praktis. Sementara akses pe­me­rin­tah terkait masalah permo­dalan kepada perancang alat yang menang nanti, sehingga hasil TTG nya selain bermanfaat bagi orang lain dan berkembang menjadi industri sekailgus bisa membuka lapangan kerja baru.

Teknologi itu diciptakan dari pemikiran dan inovasi manusia, yang diper­gu­na­kan untuk memenuhi kebu­tuhan hidupnya serta mem­permudah segala sesuatu yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

“Seorang penemu me­mikirkan dan berinovasi bagaimana untuk mene­mukan suatu alat yang se­der­hana, tetapi mempunyai manfaat yang dibutuhkan oleh orang banyak, dan tugas dari pemerintah, in­dus­try  dan perguruan ting­gi bagaimana mengem­bang­kan alat TTG tersebut agar dapat dilipat gandakan pem­buatannya, sehingga betul-betul dapat di­man­faatkan oleh orang banyak, itulah yang dinamakan Tek­nologi Tepat Guna”, jelas Genius Umar.

Kepala BPM Desa Kota Pariaman Lanefi menga­takan, acara merancang alat TTG ini telah dimulai dari bulan Februari lalu.

Acara tersebut dimulai dari pendaftaran dan regis­trasi dan sekarang adalah tahap interview dan pema­paran dan berlangsung sela­ma 2 hari dari tanggal 15-16 April 2016 di balairung rumah dinas walikota ini.

Kegiatan diikuti 16 pe­serta, berasal dari umum dan pelajar, untuk masing-masing kategori diikuti oleh 8 peserta.

Pemenang dari Kota Pariaman ini nantinya akan kita ikutkan dalam lomba TTG tingkat provinsi dan nasional.

“Pada tahun 2014 lalu Pariaman pernah meraih juara I TTG tingkat Nasio­nal, dan tahun 2015 Kota Pariaman mendapat pering­kat I di tingkat Provinsi Sumatera Barat,” kata La­nefi.

Dalam sayembara alat TTG ini, penilaian dila­kukan oleh semua stake­holder yang terlibat, mulai dari perguruan tinggi yaitu Ketua LPPM Unand Uyung Gatot S. Dinata, dari BPM Provinsi Suma­tera Barat.(h/tri)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]