Pariaman Terima Anugerah Pangripta Nusantara RKPD


Rabu, 20 April 2016 - 02:31:20 WIB
Pariaman Terima Anugerah Pangripta Nusantara RKPD Wako Pariaman terima penghargaan Pangribta Nusantara dari Wagub Sumbar, Nasrul Abit, Senin (18/4).

PARIAMAN, HALUAN —  Kota Pariaman menerima Anugerah Pangripta Nusantara RKPD tahun 2015 tingkat Kab/Kota se-Sumatera Barat yang diserahkan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, di Hotel Pangeran Padang, Senin (18/4).

Piala Anugerah Pangripta Nusantara, sebuah penghar­gaan yang di berikan oleh Pemerintah atas prestasinya dalam menyusun perencanaan secara baik, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 tahun 2010 tentang pelaksanaan Pera­turan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 tentang tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan dae­rah.

Penghargaan tersebut di­be­ri­kan dalam rangkaian aca­ra Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Su­matera Barat yang dibuka oleh oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrui Abit.

Acara tersebut juga diha­diri Sekretaris Jendral Ke­men­terian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat RI, Taufik Widjoyono, Direktur Jendral Politik dan Peme­rintahan Umum Kementerian Dalam Negeri RI ,Mayjen TNI Sudarmo, Deputi Bidang Kependudukan dan Kete­nagakerjaan BAPPENAS RI, ibu Rahma Iryanti, Ketua DPRD dan Komisi DPRD Provinsi Sumbar, Forkopimda Provinsi Sumbar, Walikota/Bupati se-Sumatera Barat, instansi vertikal baik BUMN, BUMD di Sumbar, dan para peserta Musrenbang.

Direktur Jendral Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri RI ,Mayjen TNI Sudarmo, mengatakan, Sumatera Barat merupakan daerah yang dapat perhatian khusus dalam pena­nganan konflik nasional, ba­nyak daerah yang tidak dapat menjaga konflik di daerahnya, sehingga menimbulkan perti­kaian di kalangan masyarakat.

Daerah Sumatera Barat berhasil dalam hal ini, hampir tidak terdengar kasus per­pecahan dan pertikaian  terja­di, baik di tingkat Provinsi maupun Kota/Kabupaten yang ada, oleh sebab itu men­dapatkan apresiasi dari  Men­dagri Tjahyo Kumolo.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, menga­takan Musrenbang yang dilak­sansanan bertemakan  Mema­cu pembangunan infrastruktur dan sektor unggulan guna mendorong pertumbuhan eko­nomi, menurunkan angka kemiskinan dan pe­ngang­guran.

Semua stakeholder harus membuat standar prioritas dalam penyusunan Musren­bang, lagi pula dan harus jelas dalam pembuatan Rencana Kerja Pemerintah Daerah masing-masing. dan menjadi tugas bersama membebaskan Sumatera Barat dari daerah tertinggal.

Saat ini di Sumbar ada tiga kabupaten yang masih berada dalam status Daerah Terting­gal, dan pada tahun 2019,  tiga kabupaten ini harus keluar dari predikat daerah terting­gal.

Dan Walikota Pariaman, Mulkhlis R,  dalam kesem­patan tersebut mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan Bappeda Kota Pariaman be­serta jajaranya yang telah membuat penyusunan dan perencanaan RKPD, dan diha­rapkan betul-betul dapat diimplementasikan dalam pembangunan.

Adanya Penghargaan Anu­gerah Pangripta Nusan­tara RKPD tahun 2015 ting­kat Kab/Kota se-Sumatera Barat ini, membuktikan bah­wa Kota Pariaman telah mem­punyai perencanaan yang baik dalam menyusun RKPD.

“Dengan persamaan per­sepsi bersama stakeholder di Kota Pariaman dan merujuk kepada visi daerah untuk menjadikan Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata dan ekonomi kreatif yang berbasis lingkungan, budaya dan agama akan dapat tere­alisasikan.

Terkait dengan peng­har­gaan yang diterima, tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi pemerintahan Kota Paria­man ke depan. (h/tri)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]