Walhi Sulsel Minta Hentikan Reklamasi Pantai Losari


Rabu, 20 April 2016 - 02:32:39 WIB

MAKASSAR, HALUAN — Wahana Ling­kungan Hidup Indonesia (Walhi) Sulawesi Selatan meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghentikan pelaksanaan reklamasi Pantai Losari di Makassar.

Kepala Departemen Advokasi dan Kampanye Walhi Sulsel Muhammad Al Amin kepada Kompas.com, Selasa (19/4) mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama DPR akhirnya bersepakat meng­hentikan aktivitas reklamasi di pantai utara Jakarta.

Al Amin menjelaskan, pelanggaran pertama kegiatan reklamasi di kawasan pesisir barat Pantai Losari Makassar tidak didasari oleh Peraturan Daerah tentang rencana wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil (RZWP3K). Selain itu, kegiatan reklamasi itu juga melanggar UU Nomor 1 tahun 2014 tentang perubahan atas UU nomor 27 tahun 2007 tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

“Pelanggaran kedua terkait dengan izin pelaksanaan reklamasi untuk pembangunan kawasan Center Point of Indonesia (CPI) yang dikeluarkan oleh Gubernur Sulsel juga tidak sesuai dengan prosedur yang ditetapkan,” tambahnya. (h/kcm)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]