Pejabat Dituntut Bisa Bangun Komunikasi


Rabu, 20 April 2016 - 02:45:12 WIB

LIMAPULUH KOTA, HLUAN — Terbangunnya sistem komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan di sebuah organisasi atau intansi peme­rintah, menjadi kunci keberhasilan tim perangkat kerja. Para pemimpin di­tuntut memiliki inovasi khususnya membangun komunikasi aktif, agar para pegawainya mampu menter­jemah­kan setiap intruksi atau perintah.

“Keberhasilan kinerja sebuah organisasi atau intansi tidak terlepas dari sistem komunikasi antara pim­pinan dan bawahan. Bangunlah komu­nikasi yang baik antara sesama staf, juga atasan. Para staf harus mampu memberi solusi, serta menterje­mahkan intruksi/perintah dari atasan­nya,” kata Ferizal, di hadapan puluhan pejabat eselon IV sebagai pematri Diklat, pejabat eselon IV  di Mess Pemda Medan Bapaneh Tarantang, Senin (18/4) sore.

Dikatakan, sekecil apa pun infor­masi yang dimiliki seorang staf, kata­nya, wajib disampaikan ke pimpinan organisasi atau instansi jika itu me­nyangkut dengan materi kerja. Infor­masi yang disampaikan juga harus akurat dan terbukti kebenarannya. Tata-cara berkomunikasi antara pim­pinan dan bawahan pegawai pemerin­tahan harus jelas dan dapat dipahami.

Ferizal mencontohkan, ketika dirinya menyampaikan perintah ke seorang bawahannya. “Misalnya, saya menyuruh staf/ajudan saya, memberi uang buat anak saya. Namun, jika sang ajudan tak bisa berkomunikasi dengan baik, ketika ketemu anak saya, dia bisa bilang; Hei,, Bapak Kau! Ini, Kasih Uang! Maka, anak saya yang masih kecil pasti lari, karena takut. Makanya, butuh cara berkomunikasi yang baik,” ulasnya.

Selain atasan dengan bawahan, para pejabat negara juga dituntut bisa membangun koordinasi dengan sesama staf, atau rekan kerja. Jangan sam­pai apa yang menjadi visi-misi dari kinerja, tidak tercapai hanya karena akibat persoalan komunikasi. Dia menyebut, karakter seorang pemimpin yang berpola pikir baik, lebih cen­derung bersikap terbuka.

Seperti ketika sang pemimpin mem­beri perintah atau intruksi, maka akan diplikasikan dengan baik oleh bawahan/staf. Disamping menuntut upaya ko­munikasi, Wabup Ferizal juga meminta para pejabat daerah terus meningatkan etos kerja melalui ino­vasi yang terkendali. Orientasi kinerja, katanya, akan lebih baik jika mengacu kepada proses, bukan kepada hasil.  (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]