Napi dan Pegawai Rutan Jalani Tes Urine


Rabu, 20 April 2016 - 02:50:28 WIB
Napi dan Pegawai Rutan  Jalani Tes Urine

TANAH DATAR, HALUAN  — Sebanyak 99 orang narapidana dan 27 pegawai Rutan Kelas II B Parak Juar Batusangkar ikuti  tes urine guna memantau peng­gunaan narkoba, memeriksaan itu gabungan oleh Rutan, Ba­dan Narkotika Nasional Pro­vinsi Sumatera Barat, Kanwil Hukum dan Ham Sumbar dan Kesbangpol itu dikawal ketat oleh 24 orang anggota Polres Tanah Datar, Selasa (19/4).

Dari 99 orang narapidana yang dilakukan tes urine ter­sebut, diantaranya 11 orang merupakan narapidana kasus narkoba dan lima orang napi wanita.

Kepala Rutan Parak Juar, Suroto disela-sela aksi pe­meri­ksaan urine napi itu, kepada Haluan mengatakan, Rutan Parak Juar Batusangkar meng­gelar pemeriksaan urine napi itu atas penindaklanjutan dari program nasional untuk m­e­me­rangi penyalahgunaan nar­koba dan surat Kesbangpol Tanah Datar untuk menggelar tes urin pada penghuni Rutan. “Ke­marin sore saya menerima berita dari Kesbangpol Tanah Datar untuk meminta di­la­ku­kan razia di Rutan, kita siap dan langsung melakukan hari ini, tidak ada tunda-tunda. Selain tes urine juga dilakukan tes malaria dan HIV, jika napi dan pegawai Rutan diketahui positif nar­koba, mereka akan diproses dan bagi pegawai akan dilakukan pemecatan,” ungkapnya.

Disinyalirnya hampir 50 persen secara nasional, pere­daran narkoba tersebut ter­dapat di lembaga pe­masya­rakatan juga menjadi pen­do­rong aksi ter­sebut dilak­sana­kan. “Yang pa­ling kita curigai yaitu kepada 11 orang napi tersangkut kasus narkoba, dari hasil yang di­lakukan ditemu­kan 99 napi dan 27 orang pe­gawai lapas di­nya­takan ne­ga­tif, sebelum ini kita bersama Satgas Rutan juga rutin sekali seminggu mela­kukan razia narkoba di sini,” ungkap Suroto.

Sementara, Kapolres Tanah Datar, AKBP Irfa Asrul Ha­nafi saat memantau langsung razia dan tes urine narkoba itu mengatakan, dukungannya k­e­gia­tan tersebut, diharapkannya instansi terkait lainnya juga melakukannya. “Kita siap men­dukung dari pengamanan dan ketertiban bagi instansi-in­stan­si yang menggelar razia dan tes urine ini. Walaupun operasi berantas sindikat narkoba (Ber­sinar) telah berakhir pada tang­gal 19 April ini, tetapi untuk penangkapan dan penge­jar­an terhadap pengedar dan pengguna narkoba akan terus berlanjut. Saya harap masing-masing SK­PD di Pemda juga melakukan tes urine ini, masya­rakat menuntut agar aparat dan pegawainya benar-benar bersih dari nar­koba,” harap Kapolres. (h/fm)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]