Illegal Logging Marak di Dharmasraya

Dua Truk Penuh Kayu Berkualitas Ditangkap


Rabu, 20 April 2016 - 02:51:40 WIB
Dua Truk Penuh Kayu Berkualitas Ditangkap Tim Dinas Kehutanan dan anggota reskrim Polres Dharmasraya lakukan pengecekann dan pengukuran terhadap kayu ilegal di halaman Polres. Di duga kayu siap oleh yang akan dipasok ke Jakarta tersebu besasal dari pembalakan hutan alam secara liar. (BADRI ALAINA)

DHARMASRAYA, HALUAN — Duga­an  maraknya pembabatan  hutan  di kabupaten  Dhar­mas­raya selama ini,  bukan isapa jempol belaka. Dua truk penuh bermuatan kayu hutan  ditangkap jajaran Satreskrim Polres Dhar­masraya. Dua unit mobil truck Hino penuh muatan kayu  itu  ditangkap pada  Sabtu   sekira pukul 01.30 Wib, di Jalan umum, Blok C, Sitiung II, Nagari Pulau Mainan Dharmasraya

Kapolres Dharmasraya AKBP Lalu Muhammad Iwan Mahardan, didamping Kasat Reskrim AKP Budi Satria, dan KBO Reskrim Muhammad Reza, ketika dikon­fir­masi Haluan Selasa (19/4) lewat telpon genggamnya, membenarkan pihaknya telah  menangkap dua  unit truck jenis truk  Hino warna Hijau dengan bak besi warna hijau B 9469 CYT, dengan membawa kayu jenis campuran sebanyak 21 kubik, juga mobil truck Hino warna hijau dengan bak besi  B 9855 BYF, dengan membawa kayu jenis timbalun sebanyak 24 kubik.”Benar kita telah dilakukan penangkapan dengan per­kara mengangkut, menguasai atau memiliki hasil hutan berupa kayu tanpa di lengkapi dokumen atau surat kayu yang sah kemaren,” ujar  KBO Reskrim Reza, Selasa kemarin.

Puluhan   kubik kayu dari hutan alam  itu  akan dipasok ke Jakarta  dari daerah Tanjung Tebo.Keterangan yang diperoleh,   sopir truk bernama Imran (40),  warga Jalan Sutan Sahril, Mato Air, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.  Sedangkan  rekannya,  Beri Patman panggilan Patman, (27), warga Jorong Batu Taba, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam.

Hingga berita ini diturunkan,  pemilik atau cukong kayu  ilegal  tersebut belum  juga berhasil dibekuk polisi.,”Kita belum bisa sampaikan siapa pemilik kayu tersebut, pasalnya oknum sopir tak mau member keterangan siapa oknum dari pemilik kayu tersebut,” dalih Reza.

Sedangkan, barang bukti berupa dua unit mobil pengangkut kayu serta sopir telah diamankan di Mapolres Dharmasraya, untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut, juga dari tim Dinas kehutanan Dharmasraya telah lakukan pengukuran terhadap kayu  tersebut. (h/mg-bdr).

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]