Edarkan Sabu

Dua Remaja Divonis 7 Tahun Penjara


Rabu, 20 April 2016 - 02:54:24 WIB
Dua Remaja Divonis 7 Tahun Penjara

PADANG, HALUAN — Ma­jelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Padang men­jatuhkan vonis kurungan tujuh tahun penjara kepada Mu­hammad Rafi (21) dan Tomi Hermawan Saputra (20) atas tindakan kejahatan yang se­ngaja dilakukan, berupa usaha pemufakatan menjual dan me­nged­arkan narkotika jenis sabu.

Vonis tersebut lebih ringan satu tahun dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas kasus ini.

Pantauan Haluan, kedua remaja tampak tertunduk lesu saat amar putusan dibacakan di ruang sidang tindak pidana umum PN Padang, kemarin. Keduanya mengaku me­ne­rima vonis yang dijatuhkan dan menyesali apa yang telah dilakukan di hadapan Majelis hakim yang dike­tuai Yose Ana Roslinda ser­ta hakim anggota Nasorianto dan Sutedjo.

“Saya me­nye­sal buk. Saya berjanji tidak akan me­la­­kukan perbuatan melawan hukum,” ucap terdakwa Rafi yang dia­mini pula oleh ter­dakwa Tomi.

Berdasarkan tuntutan yang dibacakan Deswiarni selaku JPU dalam kasus ini, keduanya kerap melakukan transaksi jual-beli narkotika di sekitar komplek Stadion H Agus Salim Padang. Berda­sarkan informasi warga, Jum­at 11 Desember tahun lalu, penyidik kepolisian dari Polda Sumbar melakukan peng­intaian terhadap kedua ter­dakwa yang akan melakukan transaksi dengan Dian (DP­O).

Keduanya berhasil diring­kus petugas sebelum mela­kukan transaksi. Dari tangan keduanya ditemukan barang bukti sabu seberat 0,22 gram dalam paket siap diedarkan. Atas perbua­tannya, kedua pun terancam pidana dalam pasal 114 ayat satu Jo pasal 132 ayat satu nomor 35 2009 tentang Narkotika.

“Keduanya telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak kejahatan berupa usaha pemufakatan mengedarkan narkotika jenis sabu.

Perbuatan terdakwa merupakan upaya peng­rusa­kan mental generasi muda dan tidak mendukung upaya pe­merintah dalam pem­beran­tasan narkoba,” ucap Des­wiarni saat membacakan tun­tutannya. (h/isq)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]