LKPJ Selesai Dibahas

Rekomendasi Disampaikan Hari Ini


Rabu, 20 April 2016 - 02:55:17 WIB

PADANG, HALUAN— DP­RD Padang telah selesai mem­­bahas Laporan Kete­ra­ngan Pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah Kota Pa­dang tahun 2015. Diren­canakan hari ini, (20/4) hasil pembahasan LKPJ disam­pai­kan kepada walikota Pa­dang.

“Pembahasan telah sele­sai, pukul 9.00 besok pagi rekomendasi akan disam­paikan kepada walikota,” tutur Anggota DPRD Pa­dang, Faisal Nasir, kepada Haluan kemarin.

Menurut Faisal, sejum­lah catatan akan disam­paikan dalam rekomendasi LKPJ ini.

Diantaranya, SK­PD yang tak mampu melak­sanakan kinerja sesuai ha­rapan diminta untuk dieva­luasi. Serapan anggaran Kota Padang yang tak sam­pai 90 persen juga diminta menjadi perhatian.

“Serapan anggaran yang tak sampai 90 persen me­nan­dakan masih ada SKPD yang tak bekerja maksimal. Untuk lebih baiknya pe­nyelenggaran pemerintah daerah ke depan, kami meng­­imbau pada walikota agar menempatkan orang-orangnya sesuai kebutuhan yang ada,” tegas anggota DPRD Padang dari Fraksi PAN tersebut. 

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Padang, Helmi Moesim menyebut, dalam pembahasan LKPJ sejumlah proses dilalui dan dilaksanakan oleh DPRD. 

Diantaranya, selain me­la­kukan pembahasan de­ngan mitra kerja, DPRD juga melakukan kunjungan ke daerah lain yang telah lebih dahulu membahas LKPJ mereka.

“Untuk Komisi III sen­diri  belum lama ini kami melakukan kunjungan ke  Kota Surakarta. Keda­tangan ke sana bertujuan untuk melihat dan memban­ding­kan bagaimana DPRD di tempat tersebut mem­bahas LKPJ kepala daerah me­reka,” ucap Helmi.

Dikatakannya, hasil kun­jungan diambil sebagai masukan dalam membahas LKPJ Walikota Padang. Baik untuk diterapkan pada pembahasan sekarang, mau­pun pada pembahasan LK­PJ tahun berikutnya.

Menurut dia, salah satu hal yang cukup menarik dan bisa dicontoh dalam pem­bahasan LKPJ di Surakarta adalah, di sana yang me­lakukan pembahasan LKPJ-nya adalah Badan Anggaran (Banggar). 

“Karena yang meng­e­sah­kan dan membahas ang­garan di SKPD adalah Bang­­gar,  ada bagusnya juga pembahasan dilakukan Bang­gar. Mungkin ke depan hal seperti itu bisa dite­rapkan juga di DPRD Pa­dang,” tuturnya.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Padang Gustin Pra­mona kepada Haluan belum lama ini juga mengatakan, usai diserahkan oleh Wakil Walikota Padang, Emzalmi pada beberapa waktu lalu, DPRD memang langsung melakukan pembahasan ter­hadap LKPJ tahun 2015.

“Untuk di Padang, yang membahas LKPJ walikota ini adalah Pansus. Diren­canakan akhir bulan ini rekomendasi telah disam­paikan,” kata  Gustin. 

Gustin menambahkan, dalam membahas LKPJ  DP­­RD Padang memang me­lihat perbandingan ke daerah lain yang salah satu­nya adalah ke Surakarta.

“Melalui sejumlah taha­pan dan proses yang dilalui tadi, diharapkan reko­men­dasi yang akan disampaikan nanti bisa menjadi masukan yang membangun untuk lebih baiknya penye­leng­garaan pemerintahan Kota Padang ke depan,” tandasnya. (h/len)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]