Anggota DPRD Harus Jalani Tes Urine


Rabu, 20 April 2016 - 03:00:02 WIB

PADANG, HALUAN — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Hendra Irwan Rahim menilai sudah saatnya dilakukan tes urin kepada seluruh anggota DPRD Sumbar.

Langkah ini selain untuk mebersihkan anggota dewan terhormat dari narkoba, diharapkan juga untuk memberikan contoh kepada semua instansi dan masyarakat bahwa DPRD juga prihatin dengan bahaya narkoba di Sumbar.

“Narkoba sudah sangat gawat dan sudah lampu merah ini bagi Provinsi Sumatera Barat. Kalau kita tidak punya perhatian khusus tentang narkoba ini bisa bahaya bagi Sumatera Barat,”ungkapnya kepada media usai menjadi pembicara di Musrenbang Sumbar di Pangeran Beach Hotel Senin, (18/4).

Tes urin ini kata Hendra tidak hanya kalangan DPRD semata namun juga bisa dilakukan pada tes masuk SMP, SMA, Perguruan Tinggi (PT), dan juga pegawai di lingkungan Provinsi Sumbar dan juga anggota DPRD Sumbar.

“Narkoba sudah harus menjadi musuh bersama. Semua elemen masyarakat harus ikut turun tangan untuk melindungi generasi muda dan keluarga dari bahaya narkoba,” ungkapnya.

Untuk lingkungan DPRD sendiri, baru Komisi V Bidang Kesejahteraan yang me­lakukan tes urin. Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Apris mengatakan, sebanyak delapan orang anggota Komisi V telah melakukan tes urin. “Alhamdulilah hasilnya semuanya ne­gative narkoba,” ungkapnya.

Apris berharap semua Komisi di DPRD bisa mengikuti langkah Komisi V ini untuk melakukan tes urin. “Ini langkah untuk meminimalisir peredaran narkoba di tingkat elit,” ujarnya.

Politisi partai Nasdem ini juga meminta agar Gubernur Sumbar bisa membuatkan edaran untuk seluruh pejabat di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan juga pejabat kabupaten/kota untuk melakukan tes urin. “Untuk menekan peredaran narkoba di Sumbar butuh langkah luar biasa, tidak bisa lagi dengan upaya saat ini,” tandasnua kepada Haluan kemarin.

Setali tiga uang dengan Apris, Wakil Ketua Komisi V, Novrizon. Ia mengatakan, perlu tindakan tegas tanpa pandang bulu bagi pejabat yang memang terbukti menggunkan narkoba. “Kalau memang dilakukan tes urin dan ternyata positif maka tindak tegas,”paparnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar Ali Azhar menyambut baik hal ini. Menurutnya, ia akan menemui langsung Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim untuk menentukan langkah berikutnya tentang tes urin ini.

“Sejauh ini baru Komisi V yang melakukan tes urin, ke depan semuanya akan kita tes urin termasuk semua pejabat di lingkungan Pem­prov Sumbar,” ungkapnya kepada Haluan Selasa, (19/4) di Padang. (h/isr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]