Cegah Aksi Pembajakan

Kapal Indonesia di Sekitar Perairan Filipina Dikawal


Rabu, 20 April 2016 - 03:01:35 WIB

JAKARTA, HALUAN — Aksi penyenderaan 14 WNI oleh kelompok militan Abu Sayyaf membuat Indonesia lebih waspada. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan untuk melakukan pengawalan terhadap kapal-kapal Indonesia yang berada di sekitar perairan Filipina. Pengawalan dibutuhkan untuk mencegah aksi pembajakan atau penyanderaan anak buah kapal (ABK).

“Presiden sudah instruksikan itu untuk pergi-pulang ada pengawalan itu. Presiden sudah instruksikan,” ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (19/4).

Namun hingga saat ini, JK menyebut tidak ada usulan penutupan jalur pelayaran yang menghubungkan dengan perairan Filipina.

“Bahwa kapal-kapal Indonesia diperi­ngatkan untuk hati-hati atau menghindari jalur itu, ya.  Tentu bisa dipertimbangkan tapi tidak mungkin Indonesia menutup, itu kan daerah pelayaran inter­nasio­nal,” terangnya.

Pemerintah Indonesia sam­bung JK masih melakukan ko­munikasi dengan otoritas Filipi­na untuk menjajaki kerja sama pe­nga­walan keamanan kapal yang me­lintas di sekitar perairan Filipina.

Namun terkait penyanderaan 14 orang WNI oleh kelompok Abu Sayyaf, JK mengaku belum men­dapat informasi terbaru.

Menteri Perhubungan (Men­hub) Ignasius Jonan menyebut, saat ini masih ada 6 kapal Indo­nesia yang berada di wilayah perairan Filipina. Dia meminta kapal-kapal ini sementara tidak pulang ke tanah air jika tak ada pengawalan.

“Kalau tidak ada (pengawa­lan), kami sarankan tidak kem­bali dulu ke sini. Ini kan arah Tarakan dan Manado,” ujar Jonan di kantor Wapres.

Jonan menyuarakan saran tersebut menyusul maraknya penculikan dan penyanderaan yang dilakukan kelompok mili­tan Abu Sayyaf di Filipina.

Jika kapal-kapal itu harus kembali ke tanah air tanpa pengawalan, Jonan mengimbau agar menggunakan jalur pelaya­ran alternatif yang aman. (dtc/met)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]