Penyusunan Dokumen RKPD

Dharmasraya Terima Penghargaan Provinsi


Rabu, 20 April 2016 - 03:03:16 WIB
Dharmasraya Terima Penghargaan Provinsi BUPATI Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, setelah menerima penghargaan penyusunan RKPD, dalam Musrenbang Provinsi Sumbar. (HUMAS)

DHARMASRAYA, HALUAN  — Pemerintah Kabupaten Dhar­masraya menjadi satu-satunya daerah pemekaran yang masuk ke dalam enam besar penyusun dokumen Rencana Kerja Peme­rintah Daerah (RKPD) Tahun 2016 Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Penghargaan itu diserah­kan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dan diterima Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuan­ku Kerajaan, SE, pada acara Musyawarah Perencanaan Pem­ba­ngunan (Musrenbang) Pro­vinsi Sumbar Tahun 2016 di Hotel Pangeran Beach, Padang, Senin (18/4).

Dharmasraya berada di posi­si kedua setelah Kota Sawah­lunto, disusul Kota Bukittingi, Kota Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Agam. Gemuruh peserta Mus­renbang pecah tatkala Sang Raja Muda naik podium menerima penghargaan bergengsi itu dari Wagub Nasrul Abit. “Penghar­gaan ini menjadi salah satu bukti dan tekad kuat bagi masyarakat bahwa kami siap bekerja dengan serius,” ujar Sutan Riska, usai menerima penghargaan itu.

Penilaian dokumen RKPD didasarkan pada Undang-Un­dang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, di mana perencanaan pembangunan meli­puti rangkaian proses kegiatan dalam menentukan tindakan masa depan yang tepat melalui serangkaian pilihan yang dituju­kan untuk mencapai tujuan pem­bangunan. “Perencanaan yang baik menjadi salah satu penentu keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan nasio­nal,” ujar Nasrul Abit.

Menurut Wagub, sejalan de­ngan otonomi daerah, langkah untuk meningkatkan mutu renca­na pembangunan daerah adalah memberikan penghargaan kepa­da daerah yang telah berhasil menyusun dokumen rencana pembangunan secara baik. “Kami berharap, penghargaan ini dapat memberikan dorongan semangat bagi masing-masing daerah untuk meningkatkan mutu dokumen rencana pembangunan yang ber­kualitas dengan mengacu pada parameter dan indikator yang telah ditetapkan,” katanya.

Bupati Sutan Riska yang selalu tampak sumringah mene­rima penghargaan itu mengaku bangga dengan kinerja tim penyu­sun RKPD yang dikomandoi Kepala Bappeda Dharmasraya Paryanto, S.Sos, MT. “Peren­canaan adalah modal awal kesuk­sesan. Jika perencanaannya ma­tang dan tersusun dengan baik, maka hal itu memberikan indi­kasi akan tercapainya tujuan dan sasaran dari perencanaan ter­sebut,” terang Raja Muda itu.

Menurutnya, perencanaan yang telah bagus saja masih sulit untuk mencapai tujuan dengan baik. Apalagi jika perencanaan itu tidak tersusun dengan baik. Karena itu, dirinya tak henti memberikan apresiasi dan pujian kepada tim yang telah bekerja keras menyusun RKPD tersebut. “Penghargaan ini juga untuk seluruh masyarakat Dhar­masraya,” imbuhnya.

Dokumen perencanaan RKPD Kabupaten Dharmasraya Tahun 2016 dinyatakan terbaik, salah satunya karena keleng­kapan dan kedalaman RKPD disusun berdasarkan kelengka­pan dan kedalaman perecanaan, karena menyajikan kerangka ekonomi daerah, kerangka kebi­ja­kan keuangan daerah, analisa, arah kebijakan dan prioritas pengembangan wilayah, strategi dan arah kebijakan percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.

Sementara itu, Kepala Bap­peda Dharmasraya Paryanto mengatakan untuk menyusun dokumen RKPD tersebut pihak­nya terlebih dahulu melatih tim penyusun melalui bimbingan teknis yang komprehensif. “Se­lain itu, kuncinya adalah kami selalu rutin dan aktif mengikuti kegiatan musrenbang di semua kecamatan. Selain itu, untuk mendorong penyusunan RKPD di setiap SKPD, kami juga mem­berikan penghargaan bagi SKPD penyusun dokumen RKPD terbaik,” paparnya.(h/mdi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]