Warga Amping Parak Bangun Jalan Nelayan


Rabu, 20 April 2016 - 14:05:26 WIB
Warga Amping Parak Bangun Jalan Nelayan Warga Nagari Amping Parak melaksanakan gotong royong perdana membangun badan jalan menuju muara. Jalan ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi para nelayan. (HARIDMAN)

 

PAINAN, HALUAN — Nagari Am­ping­ Parak, Kecamatan Sutera mem­buat jalan untuk nelayan di Muara Amping Parak. Jalan tersebut juga terkait dengan upaya membuka akses dari jalan nasional ke pemukiman nelayan dan menyambung jalan ling­kar di kawasan itu.

Pjs Walinagari Amping Parak Habil Rivai Selasa (19/4) me­ng­a­takan, sebelum didanai dengan dana desa, warga setempat telah menggelar gotong royong.”Warga mem­ber­sihkan tanaman yang ada di badan jalan. Setiap Jumat warga menggelar gotong royong pembersihan,” ka­tanya.

Disebutkan, jalan ini sangat ber­manfaat bagi masyarakat nelayan setempat untuk mengangkut berbagai keperluan. Se­bel­um­nya warga juga telah membuat Jalan Lingkar dengan gotongroyong pada lokasi berbeda. “Jalan tersebut bermanfaat untuk melepaskan warga nelayan yang bermukim di Muara Amping Parak serta berbagai aktivitas lainnya. Untuk peningkatan mutu jalan segera didanai dengan dana desa tahun anggaran 2016,” katanya.

Habil Rivai menyebutkan, pem­bukaan jalan baru tersebut tuntas dilaksanakan satu hari kerja. Jalan itu dengan sendirinya akan membebaskan warga di Muara Amping Parak yang selama ini tidak punya jalan.

Disebutkannya, peningkatan jalan tersebut selanjutnya akan didanai dengan dana desa tahun anggaran 2016. Di­per­kirakan, pertengahan tahun telah dapat dilaksanakan.

Jasman menyebutkan, tingginya an­tusias warga untuk gotongroyong me­nunjukkan bahwa jalan tersebut merupakan kebutuhan warga. Selama ini warga harus bersusah payah untuk mengangkut hasil laut. “Namun setelah jalan ini dibuka insyaallah warga dapat dengan mudah me­ngang­kut berbagai keperluan. Warga disini perlu mempertahankan tradisi go­tongroyong ini dalam berbagai hal ke depan.

Selanjutnya Zalmi Jolelo Kepala Kam­pung Ps Amping Parak yang juga salah seorang Ninik Mamak me­nam­bahkan, terobosan yang dibuat PjS Walinagari Habil akan dikenang warga disini sepanjang masa.”Soalnya ia telah berhasil memecah kebuntuan mandegnya pembangunan sela­ma ini,” pungkasnya. (h/har)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]