Bupati Sutan Riska Canangkan Kampung KB


Rabu, 20 April 2016 - 15:02:25 WIB

Pulau Punjung, Haluan — Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska mencanangkan kampung Keluarga Be­rencana (KB) di Jorong Bukit Tujuh, Nagari (desa adat) Ranah Palabi, Kecamatan Timpeh.

“Pencanangan ini menghadapi isu pertambahan jumlah penduduk yang harus disikapi bersama, di samping juga berusaha meningkatkan kualitas hidup penduduk,” kata Sutan Riska usai peresmian pen­canangan kampung KB di halaman Pus­kesmas Timpeh, Selasa.

Menurut dia, pengendalian laju per­tumbuhan penduduk melalui program KB harus mendapat dukungan dari SKPD, LSM, PKK, tokoh adat, tokoh agama, dan masyarakat

Dengan melibatkan seluruh stakeholder untuk memaksimalkan program KB di daerah itu, lanjutnya, merupakan satu langkah nyata dalam pengendalian per­tumbuhan penduduk dan menekan angka kelahiran.

“Untuk itu pemerintah daerah mem­butuhkan dukungan, jadi tidak hanya mengandalkan perencanaan saja,” ujarnya.

Sebagai bentuk keseriusan terhadap pentingnya program KB, ungkapnya, pemerintah setempat telah menyiapkan grand design pengendalian pertumbuhan penduduk tahun 2010 - 2035 daerah itu.

Ini merupakan jawaban dari amanat Undang-Undang (UU) nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, jelasnya.

“Kampung KB merupakan salah satu kegiatan penyelenggaraan kependudukan yang pelaksaannya harus mendapat du­kungan,” lajutnya.

UU No 52 tahun 2009, terangnya, lima aspek dalam pembangunan kependudukan yang harus diperhatikan, diantaranya pe­ngendalian kuantitas penduduk, pe­ning­katan kuantitas penduduk, pengarahan kuantitas penduduk, pembangunan ke­luarga dan pembangunan data base ke­pendudukan.

Berdasarkan data keluarga Kabupaten Dharmasraya pada 2015, tambahnya, penduduk daerah itu berjumlah 189.691 jiwa dengan 51.946 kepala keluarga (KK),

Sedangkan yang aktif melaksanakan program KB sebanyak 25.676 atau 78 persen dari total jumlah pasangan usia subur (PUS) sebanyak 32.600 peserta, jelasnya.

Turut mendampingi bupati saat peres­mian, Ketua DPRD Kabupaten Dhar­masraya, Masrul Maas, Ketua BKKBN Sumatera Barat, Nofrizal, pimpinan SKPD, Camat Timpeh, dan tokoh masyarakat. (h/dn/asc)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]