Tenaga Kesehatan Ikuti Training ESQ


Rabu, 20 April 2016 - 15:21:29 WIB

PASAMAN, HALUAN — Sebanyak 65 tenaga kesehatan di lingkup Dinas Kese­hatan Kabupaten Pasaman, mengikuti training emosional dan Spiritual question (ESQ), di gedung Syamsiar Taib Lubuk Sikaping, Selasa (19/4).

Kepala Dinas Kesehatan Desrizal melalui Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Kesehatan (PSDK), Ridwan, menyebutkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia tenaga kesehatan, yang nantinya akan memberikan layanan kesehatan ber­sen­tuhan dengan masyarakat.”Petugas kese­hatan juga harus memiliki kecerdasan otak, emosional dan spiritual. Ketiga unsur itu penting bagi tenaga kesehatan. Petugas kesehatan tidak hanya pandai mengobati pasien, namun juga harus memahami kondisi dan perasaan pasien yang berobat, sehingga tercipta kepuasan bagi yang dilayani maupun yang melayani,” terang Ridwan.

Sementara itu, ESQ Lider ship Center Jakarta melalui koordinator ESQ Wilayah Sumatera bagian Tengah (wilayah Sumbar, Riau, dan Kepri), Lukman menegaskan acara ESQ ini dipandu oleh Trainer Saprianto, dan Asisten trainer Otmil.

Menurutnya, ESQ ini untuk mem­bangun karakter, menanamkan nilai nilai universal seperti disiplin, kejujuran, tanggung jawab, dan nilai- nilai luhur lainnya.

Di sisi lain, Sekda Pasaman, A. Syafei mengatakan, ýPemkab Pasaman men­jadi­kan sektor kesehatan sebagai prioritas pembangunan di samping sektor pen­didikan dan peningkatan ekonomi masya­rakat. “Berbagai upaya telah dilaksanakan pemda seperti pembangunan sarana ke­se­ha­tan baik untuk pelayanan kesehatan dasar seperti puskesmas, puskesmas pem­bantu, polindes, dan pelayanan kesehatan rujukan di rumah sakit,”tuturnya.

Dijelaskannya, saat ini Kabupaten Pasaman memiliki 16 unit Puskesmas yang terdiri dari 9 puskesmas non rawatan dan 7 puskesmas perawatan, puskesmas pem­bantu 48 unit dan Polindes sebanyak 119 unit, serta 1 unit RSUD. “Khusus untuk tenaga bidan, ke depan diharapkan satu jorong satu bidan, untuk pelayanan kese­hatan di RSUD Lubuk Sikaping saat ini telah tersedia dokter spesialis sebanyak 10 orang,” terangnya. (h/col)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]