Galeri Investasi Syariah Hadir di Kampus Lubuk Lintah


Rabu, 20 April 2016 - 15:49:52 WIB
Galeri Investasi Syariah Hadir di Kampus Lubuk Lintah GALERI Investasi Syariah (GIS) hadir di IAIN Imam Bonjol Padang. Peresmian galeri ditandai adanya MoU antara antara Direktur Bursa Efek Indonesia Nicky Ogan dengan Rektor IAIN Imam Bonjol Padang Eka Putra Wirman telah ditandatangani, Selasa, (19/4) kampus Lubuk Lintah. (HUMAS)

PADANG, HALUAN — Ga­leri Investasi Syariah (GIS) kini hadir dan berdiri di IAIN Imam Bonjol Padang. Pen­dirian GIS ini dilakukan oleh Rektor IAIN Imam Bonjol Padang Eka Putra Wirman bersama Presiden Direktur Bursa Indonesia Nicky Ho­gan, di kampus Lubuk Lintah Padang, Selasa, (19/4).

Menurut rektor, ke­ha­dir­an Galeri Investasi Syariah di IAIN kali ini pada dasarnya adalah sebuah bentuk ke­per­cayaan dari Bursa Efek Indo­nesia. Hingga saat ini, galeri ini galeri keempat berdiri di beberapa perguruan tinggi Islam negeri yang sahamnya 70 persen berupa syariah.

“Tawaran saya kepada pihak bursa Indonesia tidak hanya dalam bentuk kerja­sama dalam naskah yang tertulis di atas kertas saja. Saya ingin mengajak di masa datang seluruh transaksi in­ves­tasi di Sumbar khusus­nya bermarkas  di kampus ini. Tanahnya akan disediakan oleh pihak IAIN Imam Bonjol Padang. Itulah salah satu respon kami dari segenap civitas akademika demi ke­maju­an galeri investasi sya­riah ini,” sambungnya.

Di sisi lain, Nicky Ogan dalam kesempatan tersebut sempat menepis  bahwa in­ves­tasi di bursa efek terkesan mahal dan sering di­indi­kasik­an judi, padahal tidak. Bukti­nya lebih dari lima ratusan saham galeri yang ada di Indonesia 70 persen diantara­nya adalah berbentuk syariah.

“Saat ini ada lagi tawaran dari perguruan tinggi Islam negeri seperti IAIN untuk bekerjasama dengan pihak kami, bisa dibuktikan bahwa galeri ini ternyata bukan judi. Saya berharap masyarakat paham dengan sistem itu. Kepercayaan ini kelak akan dijadikan modal besar untuk lebih berkiprah lagi bagi anggota masyarakat dengan setoran awal misalnya dengan modal  Rp100 ribu dinilai sebuah investasi,” ucapnya.

Menyikapi tawaran Rek­tor Eka Putra Wirman dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Ahmad Wira, untuk membangun ka­n­tor bursa efek Indonesia di kampus Lubuk Lintah ini, jelas akan dipertimbangkan.

Pada bagian lain, Dekan Febi Ahmad Wira mengakui pihaknya akan berjanji me­ngem­bangkan semua potensi yang ada.

“Yang pasti semua kerja itu dimulai oleh perguruan tinggi Islam negeri khususnya IAIN Imam Bonjol Padang yang tahun ini genap berusia 50 tahun. Hendaknya di usia emas ini akan ada nilai positif  bagi perguruan tinggi ini dan bagi kalangan mahasiswa khususnya yang tengah di­didik di Fakultas Ekonomi  dan Bisnis Islam dengan dua jurusan yakni Eknomi Islam dan Perbankan Syariah. Kita pun akan tindak lanjuti ker­ja­sama yang telah disepakati ini dan tidak hanya sebatas nas­kah saja. Tapi lebih banyak kepada aplikatif atau rea­lisasinya di lapangan. Tapi saya butuh dukungan semua pihak,” katanya. (h/rel/eni)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 25 Oktober 2017 - 03:02:26 WIB
    SIMPAN DOKUMEN SEJARAH

    Galeri Arsip Statis Diperbaiki

    Galeri Arsip Statis Diperbaiki PADANG, HALUAN--Demi pelayanan lebih baik, Galeri Arsip Statis (GAS) Kota Padang diperbaiki. Galeri yang terletak di Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi Kota Padang, Jalan Sudirman tersebut, diperbaiki agar arsip-arsip.
  • Rabu, 21 Desember 2016 - 00:39:13 WIB

    Ruang Sepi Galeri Arsip, Saksi Perjalanan Padang Kota Lama

    Ruang Sepi Galeri Arsip, Saksi Perjalanan Padang Kota Lama Mampirlah sejenak ke ruang kecil di Galeri Arsip Statis Kota Padang yang terletak di Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi Kota Padang. Ruangan berukuran lebih kurang 8x10 meter ini tidak begitu mencolok, seperti ruangan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]