Wako Didesak Mutasi Pejabat “Lama”


Rabu, 20 April 2016 - 16:19:00 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Mutasi dan rotasi jabatan di Pe­merintah Kota Payakumbuh yang dilakukan pada Selasa (19/4) siang, mendapatkan perhatian dari tokoh-tokoh masyarakat Kota Payakumbuh. Terutama terkait penempatan jabatan oleh Walikota Riza Falepi.

 ”Mutasi dan rotasi jabatan bukan  saja ditinjau dari capaian kinerja dari pejabat yang di­pin­dahkan. Melainkan juga melihat dari sisi lainnya. Seperti lamanya jabatan yang ditempati oleh pejabat yang bersangkutan. Sehingga mu­tasi sebagai penyegaran bisa ter­capai,”terang Syamsul Anwar salah seorang pemerihati pe­me­rintahan Kota Payakumbuh.

 Contohnya saja, ucap putra Koto Nan Ompek tersebut, masih banyak pejabat-pejabat yang belum tersentuh mutasi ataupun rotasi jabatan . Padahal pejabat tersebut sudah lebih dari 5 tahun di posisi yang sama dan tidak pernah di­pin­dahkan, alias pejabat “lama”.

“Mutasi dan rotasi jabatan sebenarnya memang kewenangan kepala daerah. Tetapi, aspek la­manya  pejabat menempati suatu instansi juga jadi perhatian serius Kepala Daerah. Bahkan ada pe­jabat yang menempati instansi selama 5 bahkan lebih dari 6 ta­hun tidak pernah dipin­dah­kan,” terangnya.

Yang terjadi saat ini, ucapnya, Pemko Payakumbuh lebih sering memindahkan pejabat  yang rata-rata baru beberapa bulan hingga dua tahun menemati di suatu instansi. “Belum sampai setahun se­telah mutasi, pejabat yang sama kembali dimutasi. Sedangkan pe­jabat yang telah bertahun-tahun tidak pernah dimutasi ataupun rotasi. Dimana letak penyeragan terhadap pejabat ter­sebut,” te­rangnya.

Begitu juga dengan yang dika­takan tokoh muda Payakumbuh, Adi Surya, mutasi dan rotasi jaba­tan Pemko Payakumbuh, jangan ada bermuatan politik. Apalagi akan digelarnya Pilkada awal 2017 mendatang.

“Jangan ada nuansa politik untuk kepentingan Pilkada 2017 dalam mutasi dan rotasi jabatan ini. Kita harap dengan adanya mutasi dan rotasi hendaknya ber­dampak positif terhadap kinerja pegawai. Sehingga setidaknya ber­dampak juga terhadap per­tum­buhan ekonomi Kota Paya­kum­buh,”ucap Adi Surya.

Sementara Walikota Pa­ya­kumbuh Riza Falepi beberapa waktu lalu pernah mengungkapkan, tidak tersentuhnya pejabat-pejabat yang sudah bertahun-tahun tidak dimutasi ataupun rotasi dimasing-masing SKPD disebabkan tidak adanya pengganti pejabat yang bersangkutan.

“Ada beberapa pejabat yang bertahun-tahun disebuah instansi dan sudah meminta pindah ke instansi lain. Tetapi karena tidak ada pejabat yang ahli dan me­ngua­sai  bidangnya untuk pengganti pejabat yang bersangkutan. Terp­ak­sa pejabat yang bersangkutan tidak dila­kukan dimutasi ataupun ro­tasi,”terang Walikota Riza Falepi. (h/ddg)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]