Metallica: Youtube Persulit Industri Musik


Kamis, 21 April 2016 - 01:50:08 WIB

Manajer grup band Metallica, Peter Mensch me­nilai Youtube membunuh industri musik. Mensch mengatakan, cara berbisnis situs tersebut justru tidak menguntungkan bagi para musisi. 

Youtube, mereka ada­lah setan. Kami tidak men­dapatkan bayaran sama se­kali,” kata Mensch seperti dilansir dari BBC, Senin (18/4). 

Menurut manajer yang juga membawahi band Red Hot Chili Peppers dan Mu­se itu, kehadiran Youtube justru bisa membunuh in­dus­tri musik. Pernyataan Mensch muncul sebagai respons laporan tahunan dari International Fede­ration of the Phonographic Industry. Laporan itu me­nyebut, ada kesenjangan penerimaan dari layanan musik gratis seperti You­tube, Daily Motion, dan Soundcloud

Sekitar 900 juta konsu­men dari situs-situs tersebut menghasilkan pendapatan sebesar 634 juta dolar AS (Rp 8,3 triliun) pada 2015. Angka tersebut berbanding begitu jauh dengan pen­dapatan dari konsumen mu­sik berbayar. Dari hanya 68 juta pelanggan, pendapatan yang dihasilkan sekitar 2 triliun dolar AS.

Kepala Bidang Bisnis Youtube Robert Kyncl me­nga­takan, musisi yang te­ri­­kat langsung dengan You­­tube sejatinya bisa men­­dapatkan pendapatan be­sar. “Seniman yang ter­hubung langsung dengan Youtube mendapat untung besar. Tidak semuanya, tapi jika Anda mendapat banyak vie­wer, Anda akan mendapat banyak uang,” kata Kyncl. 

Kyncl menyontohkan, pemain biola Lindsey Stir­ling yang memiliki 7,8 juta subscriber di channel You­tube-nya menghasilkan uang 6 juta dolar AS tahun lalu. Kyncl mengatakan, pihak ketiga seperti label harus meningkatkan transparansi pendapatan kepada para musisi. (h/rol)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]