Masyarakat Beting Berharap Peningkatan Status Pelabuhan


Kamis, 21 April 2016 - 01:52:08 WIB

BETING, HALUAN — Masyarakat Desa Beting, Kecamatan Rangsang Pesisir, sangat berharap perbaikan dan peningkatan status pelabuhan. Lokasi Pelabuhan Desa Beting salah satu pelabuhan yang dilintasi trayek kapal penumpang Dumai- Batam, setiap harinya.

“Namun karena pela­bu­han yang belum men­dukung membuat kapten kapal eng­gan merapat,” ungkap Edison, warga Desa Beting, kepada Haluan Riau, kemarin.

Diungkapkannya, lokasi pelabuhan yang terletak di Selat Air Hitam itu tidak jauh dari Selatpanjang, dan berada pada daerah perlin­tasan kapal penumpang. Namun hingga saat ini be­lum ada kapal pe­num­pang yang berani merapat karena kondisi pelabuhan yang ma­sih darurat.

Akibatnya, kalau masya­ra­kat yang hendak beper­gian ke luar desa, tujuan ke Kari­mun atau ke Batam maupun ke Du­mai maka harus singgah dulu ke Selat­panjang. Tentu saja hal ini menambah biaya dan mem­­beratkan masya­ra­kat.

“Untuk itulah kita ber­harap kepada pemerintah kabupaten supaya mening­katan sarana pelabuhan,” ujarnya.

Diakuinya, sejauh ini kon­disi desa masih belum beru­bah dari wajah sebelum Me­ranti mekar menjadi se­buah kabupaten baru. Dan sarana pelabuhan yang ada saat ini juga masih produk di masa lalu. Demikian juga jalan poros yang ada mulai dari pelabuhan hingga ke tengah desa juga masih sa­ngat mem­prihatinkan.

Belum lagi masalah in­fra­struktur dasar lainya se­perti air minum dan fa­silitas umum lainnya masih sangat minim. Semua itu akan bisa berubah secara bertahab jika kondisi pelabuhan itu nantinya sudah bisa dising­gahi kapal penum­pang mau­pun kapal ba­rang,” sebut dia lagi.

Diungkapkannya, jika saat air laut surut maka penum­pang akan kesulitan untuk naik ke pelabuhan maupun untuk turun ke kapal. Teru­tama para wanita dan anak-anak.

“Inilah kita harapkan de­ngan peningkatan sarana pela­bu­han itu akan berdam­pak pa­da peningkatan kese­jah­teraan masyarakat,”ucap dia. (jos)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 06:40:23 WIB

    Embung Solok, Wisata Bumnag yang Kini Jadi Primadona Masyarakat Pessel

    Embung Solok, Wisata Bumnag yang Kini Jadi Primadona Masyarakat Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Kawasan destinasi wisata Embuk Solok yang terletak di Nagari Bungo Pasang Kecamatan IV Juarak Kabupaten Pesisir Selatan memiliki keunikan tersendiri. Kini daerah tersebut ramai dikunjungi wisatawan.
  • Jumat, 18 November 2016 - 00:07:50 WIB

    Gubernur Imbau Polisi Berikan Rasa Aman ke Masyarakat

    TANJUNGPINANG, HA­LUAN — Guber­nur Kepri, Nur­din Basirun mengimbau agar armada kepolisian dapat terus memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh ma­syarakat di Provinsi Kepri..
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 00:55:49 WIB

    Masyarakat Kerap Menjadi Korban Dari PLN

    PEKANBARU, HALUAN — Anggota DPR Komisi VII bidang ESDM, Sayed Abubakar, meminta PT PLN untuk serius menangani krisis listrik di Provinsi Riau yang kini kondisinya kembali memburuk..
  • Jumat, 27 Mei 2016 - 03:29:37 WIB

    Gubernur Kepri: Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

    Gubernur Kepri: Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat TANJUNGPINANG, HALUAN — Gubernur Kepri, Nurdin Basirun siap bekerja keras untuk mewujudkan kesejah­teraan masyarakat Kepri. Nur­din juga akan terus men­dekat­kan diri dengan rakyat, men­jem­put masalah dan meng­uraik.
  • Senin, 11 April 2016 - 04:05:56 WIB

    Wako Dorong Masyarakat Bangun Kreativitas

    PEKANBARU, HALUAN — Dalam rangka mening­kat­kan perekonomian kerak­yatan, Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus, terus men­dorong masyarakat pelaku usaha untuk membangun kreativitas dan inovasinya. Terlebih bagi Sumber Daya .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]