SMA 1 Pariangan Gelar Acara Perpisahan


Kamis, 21 April 2016 - 02:00:47 WIB
SMA 1 Pariangan  Gelar Acara Perpisahan Wabup Zuldafri Darma di SMU Pariangan. (EMRIZAL)

BATUSANGKAR,HALUAN — SMA 1 Pariangan yang pernah menyandang sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2013 menggelar acara perpisahan bagi 208 siswa kelas XII yang baru selesai mengikuti Ujian Nasional

Acara perpisahan yang ber­langsung semarak ini turut dihadiri tamu istimewa yang sangat di­tunggu-tunggu pihak sekolah bersama seluruh Keluarga Besar SMA 1 Pariangan, salah seorang Alumni SMA 1 Pariangan yang saat ini menjabat Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma Kamis lalu.

Kepala Sekolah  Edison ung­kap­kan kegembiraannya dalam sambutan di hadapan lebih kurang 681 siswa, orang tua murid dan tamu undangan lainnya. “Hari ini sangat bersejarah bagi SMA 1 Pariangan, salah seorang alum­ninya turut hadir dalam kapasitas­nya sebagai orang nomor dua di Luhak Nan Tuo ini,” ucapnya.

Edison tambahkan keha­di­rannya Bapak Zuldafri Darma dapat memicu semangat seluruh siswa lebih giat dan tekun lagi belajar menyongsong masa depan yang lebih cerah serta menambah kepercayaan diri, SMA 1 Paria­ngan telah sejajar dengan sekolah favorit lain di Kabupaten Tanah Datar.

SMA 1 Pariangan dengan 64 orang majelis guru telah berupaya maksimal meningkatkan kualitas siswa terutama menghadapi Ujian Nasional  dan memasuki per­guruan tinggi. “Tahun lalu lulusan SMA 1 Pariangan banyak yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri favorit di tanah air, di antaranya UI, IPB, Unbraw, Pol­tek­pos, Unand, UNP dan lainnya, harapannya tahun ini lebih baik lagi dari sebelumnya”, harap Edison.

Dari segi peringkat, pada tahun ajaran sebelumnya SMA 1 Paria­ngan pada peringkat 16 dari 19 di Tanah Datar sedangkan dari bebe­rapa kali Try Out Ujian Nasional merangkak jauh hingga peringkat 6.

Di sisi non akademis, sekolah ini mempunyai potensi di bidang olah raga. Banyak atlet Tanah Datar yang ternyata sedang me­nuntut ilmu di sekolah yang berada tidak jauh dari Pasar Simabur ini, di antaranya atlet basket, karate, lompat jauh, senam dan futsal.

Sementara Wakil Bupati Zul­dafri Darma ucapkan rasa bangga sebagai salah satu alumni SMA 1 Pariangan. “Berkat ilmu dan bim­bingan guru-guru SMA 1 Paria­ngan menjadi modal sangat ber­harga dalam berkarya di tengah-tengah masyarakat dan mengan­tarkan 3 periode menjadi Anggota DPRD, 2 periode di antaranya sebagai Ketua DPRD dan hari ini diamanahkan sebagai wakil bu­pati”, tutur Zuldafri.

Zuldafri mengajak siswa meningkatkan motivasi belajarnya menghadapi era persaingan global yang semakin keras dan tidak patah semangat dengan kondisi dan tantangan yang ada.

Zuldafri juga berpesan kepada orang tua siswa agar terus me­lanjutkan pendidikan anaknya hingga ke perguruan tinggi. “Tidak ada alasan bagi orang tua tidak menyekolahkan anaknya hingga perguruan tinggi,” ucap Zuldafi tegas.

Menurutnya pendidikan men­jadi kekayaan yang luar biasa bagi keluarga dan Tanah Datar umum­nya. Melalui pendidikan, sumber daya manusia Tanah Datar dapat ditingkatkan dan pendidikan diha­rapkan menjadi salah satu benteng yang kokoh bagi generasi muda menghadapi bahaya narko­ba dan penyakit masyarakat lain­nya.

“Kalau tidak lolos di perguruan tinggi di pulau Jawa, ataupun di kota Padang, kita di Tanah Datar juga punya IAIN Batusangkar dan Akademi Komunitas di Lintau, yang tidak kalah bagusnya diban­ding perguruan tinggi lainnya, yang penting anak-anak kita tetap lanjut kuliah demi masa depan yang lebih baik,” tegas Zudafri.

Acara ini turut dihadiri Ang­gota DPRD Rasman Dt. Mudo, Camat Pariangan Drs. Suhardi dan Forkompinca. (h/emz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]