Tanah Datar Terapkan Konsep Smart City


Kamis, 21 April 2016 - 02:01:13 WIB

BATUSANGKAR,HALUAN — Pemkab Tanah Datar mencoba menerapkan konsep Smart City (kota cerdas), konsep bagai­mana pemerintah daerah mam­pu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam mendukung penyelenggaraan kegiatan pemerintah dan pela­yanan kepada masyarakat.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma dalam sambutannya, mengatakan siap mendukung jika nantinya pemerintah kabupaten Tanah Datar juga mengadopsi konsep Smart City tersebut sesuai ke­mampuan dan kebutuhan daerah.

Hal tersebut disampaikan pada acara pembukaan sosialisasi program Smart City, Selasa (12/4) di aula kantor Bupati Pagaruyung yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Irman, Sekda Hardiman dan para Asisten,  Kepala PT. Telkom  Areal Sumbar wilayah Bukittinggi Adrian, BUMD, Pimpinan SKPD, Camat dan Walinagari se Tanah Datar. 

Wabup Zuldafri Darma tambahkan, saya menyambut baik program yang dilaksanakan PT. Telkom tersebut, Wabup juga menyampaikan untuk mengem­bangkan dan melaksanakan program tersebut dibutuhkan infrastruktur yang memadai, sementara masih ada beberapa kecamatan di Kabupaten Tanah Datar yang masih belum terjangkau sinyal telekomunikasi/telpon selular apa lagi internet, yakni sebahagian besar Keca­matan Batipuah Selatan, Padang Gantiang dan Tanjung Baru.

Pada sosialisasi ini Wabup mengha­rapkan kepada PT. Telkom diminta agar segera memberikan bagaimana se­sung­guhnya program ini dan melakukan koordinasi dengan Dishubkominfo Tanah Datar. Selama anggaran di pemerintah daerah tersedia dan sesuai dengan aturan pemerintah daerah sangat setuju demi kemajuan komunikasi dan informasi di kabupaten yang kita cintai ini.

Program ini juga sangat bermanfaat dari segi efesiensi seperti pengurangan penggunaan kertas pada instansi dan kantor di Tanah Datar, Wabup mencon­tohkan.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Infor­matika (Dishubkominfo) Abrar menyam­paikan, terlaksananya kegiatan ini adalah kerjasama antara pemkab Tanah Datar dengan PT. Telkom Indonesia area Sumbar dengan nama program Smart.

Smart  sebuah bentuk kerjasama yang ditawarkan  PT. Telkom Indonesia dengan memberikan dan menyediakan layanan internet yang menjangkau seluruh SKPD bahkan sampai ke nagari di Tanah Datar, ulas Abrar.

Untuk saat ini, Abrar mengatakan terkait dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  masih terkendala jaringan koneksi pada sebagian SKPD yang ada di Tanah Datar, terutama bagi SKPD yang jauh dari pusat kota seperti kecamatan dan nagari.

Sebagian SKPD telah memanfaatkan teknologi Fiber Optik  milik pemerintah daerah baru 14 SKPD yang berada di lingkungan kantor Bupati dan 7 SKPD yang berada di sekitar Kota Batusangkar, ungkap Abrar.(h/emz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]