Petani Didorong Tingkatkan Indeks Masa Tanam Padi


Kamis, 21 April 2016 - 02:04:05 WIB
Petani Didorong Tingkatkan Indeks Masa Tanam Padi

PADANG PARIAMAN, HALUAN —  Ting­ginya harga beras saat ini, membuat Dinas Pertanian Pertenakan dan Kehutanan Padang Pariaman, memacu para petani untuk meningkatkan indeks masa tanam padi.

“Kami terus mendorong petani, untuk meningkatkan indeks masa tanam padi,” ujar kepala Dinas Pertanian Pertenakan dan kehutanan Padang Pariaman, Yurisman Yakup pada Haluan, Rabu (20/4) di Paria­man.

Dorongan tersebut akunya, meng­anjurkan petani yang padinya telah dipanen, untuk segera melakukan pengolahan sawah. “Jangan biarkan  sawah terlalu lama ditinggal setelah panen,” katanya.

Hal ini dilakukan guna untuk me­ningkatkan produksi padi dalam setahun serta untuk kesejahteraan petani itu sendiri. “Biasanya petani kesawah dua kali dalam setahun, bisa ditingkatkan jadi 2,3 ataupun 2,5 kali dalam setahun,” katanya.

Mempercepat jarak tanam setelah panen menurut Yurisman, juga sangat mengun­tungkan petani dalam mengolah lahan sawahnya. Sawah akan lebih mudah diolah, jika dibanding dengan sawah yang terlalu lama ditinggalkan.

Untuk meningkatkan indeks masa tanam ini, Dinas Pertanian juga memfasilitasi alsintan  pada para petani. “Sebanyak, 50 unit hend traktor selalau tersedia dipin­jamkan pada petani yang membutuhkan,” jelas Yurisman Yakup.

Dikatakan, dari tahun ketahun Padang Pariaman selalu surplus beras. Beras beras tersebut berasal dari hamparan sawah seluas 22856 hektare.

Menurut Yurisman, tinggi harga beras juga dipengaruhi oleh masa tanam dan masa panen padi. Saat ini di Padang Pariaman sedang masa tanam. “Kalau masa panen tiba, biasanya harga kembali normal,” terangnya.

Di samping itu peningkatan harga beras juga disebabkan, banyaknya beras-beras asal Padang Pariaman yang dibawa keluar daerah. Seperti, Pekanbaru, Jambi dan daerah tetangga lainya. (h/ded)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]