Batang Mangoi Dinormalisasi


Kamis, 21 April 2016 - 02:06:08 WIB
Batang Mangoi Dinormalisasi Masyarakat sedang membuat pancang kayu di dalam air hari Minggu yang lalu. Hal ini dilakukan untuk menormalisasi Batang Mangoi yang mengancam surau Kaum Suku Jambak Pasie Laweh, Bisati Sungai Sariak. (BUSTANUL ARIFIN)

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Surau kaum suku Jambak Pasie Laweh, Korong Bisati, Kenagarian Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman terancam ambruk karena tebing di sebelah surau itu semakin hari selalu dikeruk oleh Batang Mangoi. Apalagi sekarang ini sungai itu sering meluap.

Karena itu,  masyarakat secara bersama melakukan gotong royong menormalisasi Batang mangoi secara ma­nual. Hal itu dikatakan oleh Kepala Korong Bisati, Azwar Anas kepada Haluan kemarin.

Dia menjelaskan, gotong royong yang dilakukan adalah keinginan masyarakat, karena kalau dibiarkan berlama-lama tentu surau ini akan hanyut bersama sungai. Katanya, dengan kondisi sekarang ini juga sudah dimasukan surat kepada Pemerintah Kabu­paten Padang Pariaman untuk memberikan bantuan alat berat untuk menor­mali­sasi­kan sungai. “Surat tentang musibah su­ngai sudah mende­kati surau, dan juga kita me­minta ban­tuan alat berat,” terangnya.

Menurutnya, sungai itu memang harus dinor­ma­lisa­sikan secepat mungkin, ka­rena sekarang ini anak-anak dan masyarakat yang biasa melakukan aktifitas disurau itu juga mengalami trauma, apalagi saat malam hari yang disertai hujan lebat. “Anak-anak pelajar TPA takut untuk datang kesurau, karena kalau secara tiba-tiba air Sungai Batang Mangoi meluap tentu tebing akan runtuh,” ujarnya.

”Kepada pemerintah kami atas nama masyarakat sangat mengharapkan bantuan, teru­tama sekali alat berat yang bisa memindahkan air sungai, karena pekerjaan seperti ini tidak bisa dilakukan memakai tangan manusia. Masyarakat sekarang ini melakukan go­tong royong setiap hari Ming­gu, pada saat gotong royong tersebut masyarakat berharap bantuan alat berat untuk me­nor­malisasi sungai,” harap Azwar Anas. (h/bus)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]