SDN 07 Belakang Balok Gelar Muhasabah Jelang UAS


Kamis, 21 April 2016 - 02:06:54 WIB
SDN 07 Belakang Balok Gelar  Muhasabah Jelang UAS TAMPAK para siswa menangis meminta maaf dan merangkul orang tua mereka masing-masing setelah kegiatan muhasabah yang digelar di SDN 07 Belakang Balok selesai dilaksanakan, Sabtu(16/4).

BUKITTINGGI, HALUAN — Guna mempersiapkan mental dan memacu se­mangat siswa dalam meng­hadapi Ujian Akhir Sekolah (UAS) pada Mei 2016 men­datang, SDN 07 Belakang Balok menggelar kegiatan muhasabah, Sabtu(16/4) lalu.

Demikian disampaikan oleh Kepala SDN 07 Bela­kang Balok Hj. Niswarti, ketika ditemui Haluan di sekolahnya, Selasa(19/4) lalu. “Supaya siswa siap tidak hanya dari sisi kecer­dasan tetapi juga secara mental, maka perlu dilaku­kan pembinaan psikologi melalui muhasabah ini,” ungkap Niswarti.

Niswarti menambahkan menjelang pelaksanaan UAS berbagai persiapan untuk sukses UAS terus dilakukan, seperti mela­kukan Try Out (TO), belajar tambahan atau sekolah sore dan muhasabah ini sendiri.

Ia berharap siswa yang akan menghadapi UAS men­datang sukses dalam persiapan, pelaksanan dan hasil dari UAS yang sudah di depan mata itu.

Sementara itu, Guru Kelas VI SDN 07 Belakang Balok Usni, S.Pd men­jelas­kan dengan mendatangkan Ustad Abdillah Dzikri dari Berlian Motivation and Out­bond Training ini, kegiatan muhasabah yang digelar di sekolah tersebut sukses dilak­sanakan.

“Alhamdulliah mu­ha­sabah yang kita gelar berja­lan lancar dan sukses, hal itu terlihat dari perubahan men­tal dan semangat siswa sebelum dan setelah mu­hasabah ini,” terangnya.

Usni mengatakan seba­nyak 39 orang murid kelas VI yang akan melaksanakan UAS, hadir bersama orang tua mereka masing-masing pada kegiatan muhasabah tersebut.

Pada kegiatan itu terang Usni, siswa dimotivasi untuk mengenali diri dan ke­mam­puan diri serta siswa juga dimotivasi untuk selalu be­kerja keras dan berusaha kebih dalam menuntut ilmu. Begitu juga dengan orang tua murid, mereka juga diberi pengarahan bagaima­na cara mendidik anak yang baik dan benar.

“Selain untuk memo­tivasi siswa, melalui mu­hasabah ini silaturrahmi dan komunikasi antara guru dan orang tua murid juga bisa lebih ditingkatkan, hal ini sangat berguna dalam me­mo­nitoring dan membi­cara­kan kendala-kendala yang dihadapi siswa sebelum me­lak­sanakan UAS ini, walau­pun sebenarnya pertemuan dengan orang tua murid juga rutin kita lakukan se­bulan sekali,” imbuhnya.

Selanjutnya, salah seo­rang siswa kelas VI SDN 07 Belakang Balok Mu­ham­mad Abdul Azis Arrantisi merasa senang dengan di­adakannya kegiatan muha­sabah tersebut. Ia mengaku merasa lebih bersemangat dan lebih siap lagi untuk menghadapi UAS nantinya.

Kegiatan muhasabah yang dihadiri oleh Kepala SDN 07 Belakang Balok, majelis guru dan siswa be­serta orang tua mereka itu dimulai dengan shalat ma­grib berjamaah dan dilan­jutkan dengan makan bersa­ma. Kemudian, setelah sha­lat isya berjamaah kegiatan dilanjutkan dengan ceramah agam oleh ustad dan setelah itu barulah digelar kegiatan muhasabah. (h/wet)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]