Tiga Pasang Duta GenRe Wakili Bukittinggi ke Provinsi


Kamis, 21 April 2016 - 02:09:22 WIB
Tiga Pasang Duta GenRe  Wakili Bukittinggi ke Provinsi WALIKOTA Bukittinggi bersama dengan tiga pasang Mahasiswa GenRe BUkittinggi, dirumah Dinas Walikota Belakang Balok. (RUDI GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN — Tiga pasang Mahasiswa Generasi Berencana (Gen­Re) mewakili kota Bukit­tinggi pada lomba pemilihan Duta Mahasiswa Genre ting­kat Propinsi, yang akan dilaksanakan pada 21-23 April besok.

Sebelumnya tiga pasang Genre ini keluar sebagai terbaik Pada Pemilihan Du­ta Mahasiswa GenRe ting­kat Kota Bukittinggi  yang berlangsung pada tanggal 30 maret-1 April lalu. Kebe­rangkatan  tiga pasang Du­ta GenRe Bukittingi ke Pa­dang, dilepas langsung oleh Walikota Bukittinggi Ram­lan Nurmatias di Rumah Dinas Walikota Belakang Balok, Senin (18/04)

Adapun ketiga pasang Duta Mahasiswa GenRe terbaik itu yakni Randa Try Marta Terbaik Putra dari Stikes Fort de Kock dan Asri Novita Menresday Terbaik Putri dari Akbid Poltekes Belakang Balok. Aldi Kur­nia Pratama Runner Up I Putra dari Stikes Perintis dan Dedi Delvia Putri Run­ner Up I Putri dari Akbid Poltekes Belakang Balok.

Kemudian Dedi Har­diansyah Runner Up II Pu­tra dari Stikes Perintis dan Harisa Muharani Runner Up II Putri dari Akbid Pol­te­kes Belakang Balok. Dipa­dang mereka akan mengi­kuti karantina sekaligus malam puncak di Hotel Axsana Padang.

Dalam kegiatan pele­pasan tersebut, Ramlan Nurmatias mengingatkan kepada peserta untuk dapat menjaga nama baik Bukit­tinggi. Jaga sikap dan perila­ku sekaligus menjaga nama baik duta yang disandang. Karena predikat duta yang diperoleh sangat berat.

Sebagai Duta Maha­sis­wa GenRe ujar Ramlan, harus dapat berperan dalam memberikan pengetahuan, informasi dan pendidikan kepada generasi muda, te­man sebaya dan masyarakat agar terhindar dari tiga resiko Kesehatan Repro­duksi Remaja yaitu Free Sex, Narkoba dan HIV/ AIDS.

“Kita berharap tiga pa­sang duta terbaik Bukit­tinggi yang akan berlomba di Padang, dapat menjadi yang terbaik di tingkat pro­pinsi. Sehingga nantinya berhak mewakili Sumbar ke tingkat nasional,” harap Ramlan.

Sementara Kepala Kan­tor Pemberdayaan Perem­puan dan Keluarga Beren­cana (PPKB) Bukittinggi, Tati Yasmarni mengatakan, pemilihan Duta Mahasiswa GenRe ini sangat berkaitan dengan program generasi berencana dari KB. Kegia­tan ini juga merupakan salah satu kegiatan dalam me­nyam­but peringatan Hari Keluarga Nasional  (Harga­nas) ke 23 tahun 2016.

Pemilihan Duta Ma­ha­sis­wa GenRe lanjut Tati juga bertujuan untuk mening­katkan pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif serta berintegritas dalam pengembangan diri yang berkarakter baik di kala­ngan mahasiswa dan kam­pus maupun masyarakat dalam mempromosikan dan mensosialisasikan Program GenRe.

Peserta yang ikut dakam ajang ini berasal dari Ke­lompok Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK Mahasiswa) yang dilaksa­nakan di kampus masing-masing. Kegiatan ini juga menjadi wadah bagi maha­siswa untuk mengem­bang­kan diri menjadi Pendidik Sebaya dan Konselor Seba­ya di lingkungannya. (h/tot)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]