BNN Bongkar Tiga Jaringan Narkoba Internasional


Kamis, 21 April 2016 - 02:13:17 WIB

JAKARTA, Haluan — Dalam waktu tiga minggu Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap tiga jaringan narkotika internasional yang mengedarkan barang haramnya di sejumlah daerah di Indonesia.

Tujuh tersangka dari jaringan berbeda ditangkap, masing-masing berinisial Hen, 31, ASH, 41, YAK, 37, ISK, 39, DS, 36, LN, 36 dan LWS. Mereka kedapatan membawa barang bukti sabu dengan berat total mencapai 13,9 kilogram.

Kepala BNN Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso mengatakan, penangkapan mereka berdasarkan hasil pengembangan kasus dan laporan masyarakat yang masuk ke BNN. Mereka diketahui merupakan bagian dari jaringan internasional.

“Ini diperkuat dengan barang bukti sabu yang berasal dari Taiwan dan Afrika Selatan,” ujar Budi Waseso di Gedung BNN Jalan MT Haryono Jakarta, Rabu (20/4).

Menurut Waseso, dugaan jaringan in­ter­nasional diperkuat dengan tertangkapnya dua warga negara asing (WNA) asal Taiwan dan Nigeria yang memesan barang haram tersebut.

Mereka juga dipastikan hendak me­nge­darkan sabu yang sudah dipesan oleh sejumlah orang di Indonesia. “Tersangka LN (perempuan) itu dari Afrika Selatan, se­mentara LWS (pria) dari Taiwan,” ungkap Buwas. Buwas menambahkan para pelaku yang ditangkap merupakan pemain lama didunia narkotika.

Mereka setidaknya sudah berulang kali membawa dan mengedarkan barang ha­ramnya di sejumlah tempat di Tanah Air.

“Kalau ditangkap pasti bilangnya sekali, tapi kalau ditanya korbannya sudah banyak,” tutur Buwas.

Para pelaku dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 junto Pasal 132 ayat 1, Pasal 112 ayat 2 junto Pasal 132 ayat 1 UU 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman mak­simal hukuman mati atau penjara seumur hidup. (h/snd)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 16 Februari 2020 - 09:15:44 WIB

    Masuk Serious Crime, BNN Ajak ASN Perangi Narkoba

    Masuk Serious Crime, BNN Ajak ASN Perangi Narkoba JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Selain kabar bohong atau hoaks dan tindakan korupsi, penyalahgunaan narkotika juga termasuk dalam serious crime. Untuk itu, Badan Narkotika Nasional (BNN), mengajak masyarakat, terutama Aparatur.
  • Jumat, 22 November 2019 - 19:13:26 WIB

    Istana Tolak Wacana Komisi III Bubarkan BNN

    Istana Tolak Wacana Komisi III Bubarkan BNN JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menolak wacana pembubaran Badan Narkotika Nasional (BNN) yang disuarakan oleh Komisi III DPR. Indonesia dianggap masih memerlukan peran BNN dalam memberantas narko.
  • Kamis, 21 November 2019 - 20:58:07 WIB

    Masinton Minta BNN Dibubarkan, Ada Apa Ya?

    Masinton Minta BNN Dibubarkan, Ada Apa Ya? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu mempertanyakan peran Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam memberantas narkoba di Indonesia dan meminta agar BNN dibubarkan saja. Kepala BNN Komjen Heru Wi.
  • Sabtu, 22 Juni 2019 - 21:38:26 WIB

    Survei BNN: 2,3 Juta Pelajar Konsumsi Narkoba

    Survei BNN: 2,3 Juta Pelajar Konsumsi Narkoba JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Survei dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukkan 2,3 juta pelajar atau mahasiswa di Indonesia pernah mengonsumsi narkotika. Angka itu setara.
  • Sabtu, 13 Agustus 2016 - 05:10:27 WIB
    UNGKAP TESTIMONI FREDDY

    BNN Telusuri Nusakambangan

    BNN Telusuri Nusakambangan CILACAP, HALUAN — Tim Badan Narkotika Na­sional (BNN) berada di Pu­lau Nusa­kambangan, Cila­cap, Jawa Tengah, untuk mencari data dan fakta ter­kait testimoni gembong narkoba Freddy Budiman kepada Koordi­nator KontraS.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]