KPPI Harus Punya Daya Saing


Kamis, 21 April 2016 - 02:48:48 WIB

PADANG, HALUAN—Pemprov Sumbar terus berupaya meningkatan kapasitas kaum perempuan yang berkiprah di bidang politik. Hal ini dilakukan agar mereka yang terjun berpolitik dapat membawa kesejahteraan bagi kaumnya.

Menurut Gubernur Sumbar dalam sambutan tertulisnya dibacakan Kepala BPPr-KB, Ratnawilis, keikutsertaan perem­puan dalam pembuatan keputusan publik dapat mencegah segala bentuk diksriminasi atau kebijakan yang tidak berpihak pada perempuan.

“Sebagai pengambil keputusan, perem­puan dapat membuat perubahan-perubahan seperti perubahan kebijakan dan peraturan perundang-undangan,” kata Ratnawilis pada kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Sumbar, Rabu (20/4) di Padang.

Hal lain yang penting dalam kaitan perempuan dan politik adalah mening­katkan kesadaran politik perempuan khu­susnya hak-hak mereka sebagai yang dipilih, pemilih dan juga sebagai pemantau dalam pemilu.

Keterlibatan perempuan dalam politik merupakan wujud dari positifikasi perlin­dungan hak-hak asazi perempuan sebagai­mana tercantum dalam UU 1945 pasal 27 ayat 1.

“Indonesia sudah menerapkan sistim kuota tersebut melalui UU No. 12 tahun 2003 dan UU No. 8 2012 tentang Pemilu yang merupakan peluang dan kesempatan untuk kaum perempuan ketika menca­lonkan diri sebagai legislatif,” katanya.

Namun dalam realitasnya, keterwakilan perempuan dalam parlemen belum men­capai kuota yang diharapkan. Karena itu, melalui kegiatan peningkatan kapasitas perempuan ini diharapkan dapat lebih mendorong dan memotivasi perempuan dalam KPPI Sumbar, untuk berkiprah di bidang politik dan memiliki daya saing tinggi.

“Harapan kami, tentu adanya pening­katan jumlah keterwakilan perempuan dalam Pemilu 2019. Bukan dalam bentuk daftar calon tetap, tapi realisasi 30 persen keterwakilan perempuan tersebut di legis­latif,” paparnya.

Kegiatan itu diikuti 720 orang peserta yang dibagi dalam sembilan angkatan. Masing-masing angkatan berjumlah 80 orang, terdiri dari perempuan politik perwakilan partai-partai politik peserta pemilu kabupaten/kota di Sumbar.

Nara sumber yang dihadirkan pihak berkompeten di bidanganya. Seperti Kepala BPPr-KB Sumbar, Ratna Wilis, anggota legistatif dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, praktisi, dan anggota legislatif perempuan provinsi Sumbar. (h/vie)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 Mei 2016 - 05:59:29 WIB

    GM FKPPI Perang Terhadap Komunisme

    PADANG, HALUAN — Bermunculannya atribut berlambang palu arit, baik berbentuk spanduk atau produk fashion menjadi indikator bahwa paham komunisme akan bangkit di tanah air..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]