DPRD Dukung Pembukaan Rute Padang-Singapura


Kamis, 21 April 2016 - 02:56:33 WIB

PADANG, HALUAN — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar meman­dang sudah saatnya Sumbar memiliki jalur penerbangan Padang - Singapura seperti diimpikan sebelumnya. Selain akan me­ning­katkan pariwisata di Sumbar dengan dibukanya rute penerbangan ini dinilai akan membuat Sumbar makin dikenal masya­rakat luar.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, Saidal Masfiyuddin mengatakan, Komisi IV sebagai mitra Dinas Perhubungan Ko­mu­ni­kasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sumbar siap mendukung rencana tersebut. Ia melihat rute Padang - Singapura akan menjadi awal perkembangan wisata di Sumbar.

“Akan banyak nantinya para Wisatawan Asing (Wisman) yang datang ke Sumbar. Langkah ini sudah sangat bagus dan kami berharap agar terus diperjuangkan,”ujar Saidal saat dihubungi Rabu, (20/4) siang melalui sambungan telepon dari Padang.

Sementara terkait masih meng­gantung­nya izin penerbangan tersebut di Kemen­terian Perhubungan (Kemenhub), Komisi IV siap membantu dengan melakukan lobi ke DPR RI. “Jadi, izin ini bisa cepat keluar. Bagaimana pun itu harus tetap di­perjuang­kan,”tandasnya.

Bahkan Saidal menilai setelah izin Padang - Singapura keluar, bisa diikuti dengan rencana untuk membuka rute penerbangan lainnya apakah itu Hong Kong, China dan negara luar lainnya.

“Kami dari Komisi IV akan mendukung rencana ini. Ini sudah bagus dan segera mungkin diwujudkan,” ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dis­hub­kominfo Sumbar, Amran mengatakan untuk izin penerbangan ini masih menggantung di Kemenhub. Bahkan Pemprov Sumbar berencana akan mendatangi langsung Kemenhub perihal izin penerbangan itu.

“Kemenhub memang sedang mela­kukan moratorium izin penerbangan. Namun, kita akan terus usahakan sampai izin ini bisa dikeluarkan secepat­nya, ”pungkas Amran kepada Haluan kemarin.

Dikatakan Amran, penerbangan rute Padang – Singapura cukup menjajikan dengan estimasi penumpang 800 orang setiap bulannya. “Dari hitung-hitungan itu diperkirakan penumpang dari Padang ke Singapura akan mengisi sekitar 80 kursi. Sementara untuk pe­nerbangan Singapura ke Padang kita perkirakan di bawah itu diangka 60 – 70 kursi,” terangnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf), Burhasman beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan dengan dibukanya rute ini akan membawa angin segar bagi pariwisata di Sumbar. Keinginan pem­bukaan rute Padang - Singapura kata­nya telah lama diimpikan pihaknya. ”Kalau memang ditun­da tahun depan kita berharap bisa secepatnya bisa direalisasikan,” ujarnya. (h/isr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]