Pelepasan Tukik Buka Rangkaian FPM 2016

Seribuan Wisatawan Kini di Mentawai


Kamis, 21 April 2016 - 02:58:53 WIB
Seribuan Wisatawan Kini di Mentawai Pemukulan alat musik tradisional khas Mentawai, pertanda dimulainya rangkaian acara Festival Pesona Mentawai (FPM) 2016, yang secara resmi dibuka Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar RI, Raseno Arya, Selasa (19/4) malam di Pantai Mapaddegat Tuapejat. (RIYAN SYAIR)

MENTAWAI, HALUAN — Festival Pesona Mentawai (FPM) 2016, resmi dibuka di Pantai Mapaddegat Tuapejat, Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai, Selasa (19/4) malam. Sebelum malam pembukaan, rangkaian acara diawali dengan pelepasan tukik (bayi penyu) dan penanaman pohon ketapang di Pantai Dusun Jati, Tuapejat.

Memasuki hari kedua pelaksanaan acara pada Ra­bu (20/4), diperkirakan sekitar seribuan lebih wi­sa­tawan lokal dan man­ca­ne­gara, sudah berada di Me­n­tawai untuk menyaksikan rangkaian kegiatan yang akan dihelat hingga 24 April 2016 mendatang itu.

Asisten Deputi Pe­ngem­bangan Segmen Pasar Per­sonal Kemenpar RI, Raseno Arya di sela-sela pembukaan acara, mengapresiasi tinggi­nya animo masyarakat Me­n­tawai untuk mendukung dan berpartisipasi aktif da­lam mensukseskan acara tersebut. Hal itu katanya, terbukti dari mem­be­lu­dak­nya pengunjung pada malam pembukaan.

“Ini pertama kali dalam sejarah kita (Kemenpar RI) melaksanakan sebuah iven besar di Mentawai. Alham­dulillah, pengunjung sangat luar biasa banyaknya,” kata Raseno.

Karena memang meru­pakan kegiatan perdana, Raseno tidak menampik jika masih ditemukan sejum­lah kekurangan dalam pe­lak­sanaannya. Namun de­mikian, hal tersebut akan dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk pelaksanaan di tahun depan. “Saya yakin, tahun depan akan jauh lebih baik,” kata Raseno.

Kepala Dinas Ke­bu­da­ya­­an dan Pariwisata Ka­bu­paten Mentawai, Desti Se­mi­nora menjawab Haluan usai acara mengatakan, hingga Selasa sore jelang pem­buka­an acara, jumlah tamu dan wisatawan yang sudah be­rada di Mentawai, diper­kirakan mencapai angka 700-an. Bahkan sebagian besar tamu dan para wisa­tawan itu katanya, sudah datang ke Mentawai sejak Senin (18/4).

“Kita memang belum dapat angka dan hitungan pasti. Namun dari jadwal keberangkatan kapal yang selama kegiatan kita be­rang­katkan setiap hari, jum­lah kunjungan hingga hari ke­dua sudah lebih dari se­ribu,” kata Desti.

Pernyaraan Desti, di­per­kuat keterangan dari salah seorang petugas MV Men­tawai Fast di Pelabuhan Tuapejat. Pria yang enggan dituliskan namanya itu me­nye­but, peningkatan jumlah pengguna jasa kapal cepat Mentawai Fast ke Men­tawai, mencapai angka 25 persen. “Peningkatannya kira-kira di angka 25 hingga 30 persen dari hari biasa. Ini karena kita melayani pem­berang­katan setiap hari dari Padang ke Mentawai,” katanya.

Membeludaknya kun­jung­an wisatawan, baik lo­kal maupun mancanegara untuk menyaksikan lang­sung rang­kaian kegiatan FPM 2016, juga ikut mem­berikan dam­pak ekonomis terhadap pe­re­konomian masyarakat di Bumi Sikerei itu. 126 lebih kamar hotel dan pe­ngi­na­pan yang sudah terisi penuh sejak Senin lalu, di­manfaat­kan masyarakat sekitar un­tuk menyewakan kamar-kamar di rumah mereka.

FPM yang digelar hing­ga 24 April mendatang itu, menampilkan berbagai tra­disi dan budaya masyarakat Kepulauan Mentawai, an­tara lain tarian perang suku Mentawai dan prosesi per­kawinan masyarakat Sika­baluan dan banyak atraksi seni budaya lainnya. Selain itu, juga digelar Mentawai Pro Surf 2016 dan tur ma­ng­rove yang dipusatkan di Katiet, Sipora. (h/yan)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 04 November 2016 - 00:56:52 WIB
    SENGKETA LAHAN MABOET

    Seribuan Warga Datangi Baiturahmah

    PADANG, HALUAN — Seribuan warga Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, tumpah ruah di Jalan Baypass Aia Pacah. Persisnya di depan Kampus Baiturrahmah, Kamis (3/11) siang. Kedatangan warga dipicu adanya informasi, akan adanya s.
  • Jumat, 10 Juli 2015 - 20:22:02 WIB

    Seribuan Umat Islam Hadiri Tabligh Akbar

    PADANG, HALUAN — Seribuan umat islam yang tengah menjalani ibadah puasa berbaur di Masjid Raya Sumb.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]