50 Kali Juara, SMAN 1 Harau Kuasai Seluruh Lomba


Kamis, 21 April 2016 - 10:56:16 WIB
50 Kali Juara, SMAN 1 Harau Kuasai Seluruh Lomba SISWA-SISWI SMAN 1 Harau yang sukses meraih prestasi foto bersama belum lama ini.

LIMAPULUH KOTA, HA­LUAN — Semenjak dua tahun terakhir ini, Sekolah Me­ne­ngah Atas Negeri (SMAN) 1 Harau menoreh pretasi yang sangat gemilang. Buktinya saja, hampir seluruh perlombaan yang digelar di Kabupaten Limapuluh Kota dikuasai SM­AN 1 Harau sebagai juaranya. Tak hanya di tingkat kabu­paten, bahkan hampir seluruh perlombaan hingga tingkat  provinsi Sumbar dan pusat selalu dimenangkan sekolah yang berada di pusat kabupaten tersebut. 

“Dua tahun berturut-turut, SMAN 1 Harau selalu keluar jadi juara di setiap perlombaan yang digelar di Kabupaten Limapuluh Kota. Kalau tidak juara umum, pasti keluar jadi juara satu dua ataupun tiga,” terang Kepala SMAN 1 Harau, Afrizal. 

Baru-baru ini, ucap kepala sekolah yang dilantik pada 2013 lalu itu, ada siswi SMAN 1 Harau yang tampil di ajang nasional mewakili Sumbar dalam lomba camp rohani Islam.

“Serta SMAN 1 Harau juga keluar sebagai juara umum dalam pameran stand Pekan Budaya 2016 Kabupaten Li­ma­puluh Kota,” terangnya. 

Selain itu, tambahnya, sela­ma 2016 ini, SMAN 1 Harau telah mengukir 30 prestasi dengan menjuarai beberapa perlombaan. Seperti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Sains Nasional (OSN) Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2­SN), Jambore Seni Siswa, Paskibra dan berbagai perlom­baan lainnya. 

Begitu juga di tahun 2015 la­lu, setidaknya 21 perlom­ba­an yang digelar di tingkat ka­bupaten, provinsi hingga na­sional dimenangkan SMAN 1 Harau. Yang paling mem­bang­gakan, SMAN 1 Harau meru­pa­kan satu-satunya seko­lah pe­ra­ih Adiwiyata Na­sional 2015 lalu. 

“Ada 50 perlombaan yang di­menangkan semenjak dua ta­hun terakhir ini. Kita harap, ke depannya prestasi SMAN 1 Ha­rau terus mening­kat,” ucap­nya lagi. 

Prestasi yang ditorehkan SMAN 1 Harau, mulai melejit se­menjak Afrizal dipercaya oleh Bupati Limapuluh Kota un­tuk memimpin sekolah inti yang berada di pusat kabupaten ter­sebut. Untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar di seko­lah yang berdiri se­men­jak 1982 itu, setidaknya meli­batkan 75 tenaga pengajar yang dari lulusan S1 dan S2. Berdiri di atas lahan seluas 3 hektare, setidaknya mampu menam­pung 30 rombongan belajar de­ngan jumlah siswa 987 orang.

“Ada tiga jurusan di SMAN 1 Harau. Yakni, IPA, IPS dan Bahasa Indonesia. Ke depan, kita juga terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendi­dikan sekolah, sehingga ber­dam­pak terhadap prestasi sis­wa,” ucap Afrizal. (h/ddg)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]