Pemko Sosilisasi Bahaya Narkoba Pada Pelajar


Kamis, 21 April 2016 - 12:12:20 WIB
Pemko Sosilisasi Bahaya Narkoba Pada Pelajar Pemko Payakumbuh sosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Kota Payakumbuh Nomor 10 Tahun 2015 tentang larangan penyalahgunaan fungsi lem kepada pelajar SMA dan SMP se-Kota Payakumbuh. Terlihat, puluhan pelajar mengikuti sosialisasi dengan serius. (ZUL)

PAYAKUMBUH, HALUAN — Pemko Payakumbuh so­sialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Kota Payakumbuh Nomor 10 Tahun 2015 tentang larangan penyalahgunaan fungsi lem kepada pelajar SMA dan SMP se-Kota Paya­kumbuh. Kegiatan sosialiasi dan penyuluhan hukum ini sebagai upaya mengantisipasi generasi muda yang rentan terjerumus bahaya narkoba.

Kegiatan ini dibuka Wali­kota Payakumbuh yang di­wakili Asisten 1 Setdako Paya­kumbuh, Yoherman, SH, di­ha­dapan 100 pelajar dari 11 SMA di Kota Payakumbuh pada Rabu (20/4), di Aula Balaikota setempat. Sebagai narasumber Kasi Intel Kejak­saaan Negeri Payakumbuh, Ade Azharie dan Kepala Di­nas Kesehatan Kota Paya­kumbuh, Elzadaswarman.

Asisten 1, Yoherman, me­minta seluruh siswa dapat mengikuti sosialisasi dan pe­nyu­luhan ini dengan serius supaya benar-benar menda­patkan manfaatnya. Sosia­lisasi ini harus dengan serius. “Jangan sampai jam pelajaran di sekolah sudah hilang, disini tidak memperoleh manfaat pula,” harap Yoherman.

Dia mengingatkan, fungsi lem yang seharusnya sebagai perekat jangan sampai disa­lahgunakan untuk dihisap yang kemudian berefek me­ma­bukkan dan menyebabkan ketergantungan. Menghisap lem ini adalah pintu masuk narkoba. “Jangan dicoba, ini berbahaya, makanya dibi­kinkan Perda,” jelas Yoher­man.

Perda Nomor 10 tahun 2015 tentang penyalagunaan fungsi lem mulai diundangkan 17 November 2015. Bagi pe­lang­gar Perda ini dapat dike­nakan tindak pidana kurungan paling lama enam bulan atau denda paling banyak Rp50 juta.   

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota (Set­dako) Payakumbuh, Fitma Indrayani, selaku panitia me­ngatakan, sosialisasi akan digelar selama 4 hari, 20-21 April untuk pelajar SMA dan 27-28 April untuk pelajar SMP. Hari pertama diikuti 100 siswa yang terdiri dari SMAN 1 sebanyak 10 siswa, SMAN 3 (14), SMAN 5 (10).

Seterusnya, SMKN 2 (10), SMKN 3 (10), MAN  3 (6), SMK MItra (10), SMK 2 Kos­goro (10), SMA Nusantara (10), SMA Insan Cendekia (6), dan MAS Pakan Sinayan (4). Hari kedua akan diikuti 100 pelajar SMA dari 12 SMA lainnya di Kota Payakumbuh. Sementara itu, hari ke 3 dan 4 akan diikuti 200 pelajar SMP se-Kota Payakumbuh. (h/zkf)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]