IAIN Bukittinggi Dukung Konsep KKNI


Kamis, 21 April 2016 - 12:44:31 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi mendukung dan siap  menerapkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sebagai sebuah sistem yang menjembatani  antara sektor pendidikan dan dunia kerja serta membentuk SDM nasional berkualitas dan bersertifikat.

Demikian dikemukan Rektor IAIN Bukittinggi Dr. Ridha Ahida kepada awak media usai Diskusi Ilmiah untuk Dosen dan Pegawai bertajuk Mening­katkan Daya Saing Perguruan Tinggi Melalui KKNI, Rabu (20/4) di Aula Rektorat 2 IAIN Bukittinggi.

Ridha menjelaskan, Konsep  KKNI hadir sebagai strategi untuk mewujudkan mutu dan jati diri bangsa Indonesia yang  terkait dengan sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja nasional serta sistem penilaian pencapaian hasil  pembelajaran   nasional.

Diskusi tersebut menghadirkan narasumber Dr. M. Zein, Kasubdit Akademik Kementerian Agama RI. Menurutnya, konsep KKNI, merupakan kualifi­kasi lulusan perguruan tinggi dapat digambarkan dengan jelas baik secara umum maupun khusus.

Gambaran umum jelasnya, mendeskripsikan karakter, kepribadiaan, sikap dalam berkarya, etika, moral dari setiap manusia dan berlaku pada setiap jenjang. Sedangkan gambaran khusus men­des­krip­sikan cakupan keilmuan, pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan  yang dikuasai mahasiswa ber­gan­tung pada jenjangnya. “Karenanya, setiap lulusan perguruan tinggi selain memperoleh ijazah, juga mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) guna mendeskripsikan secara spesifik kualifikasi yang dimilikinya,” ungkap M. Zein. (h/rel/ril)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 15 September 2019 - 16:41:10 WIB

    Mahasiswa IAIN Bukittinggi PPL di BPBD Agam

    Mahasiswa IAIN Bukittinggi PPL di BPBD Agam AGAM, HARIANHALUAN.COM - Delapan orang mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Bukittinggi melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di BPBD Kabupaten Agam..
  • Kamis, 22 Desember 2016 - 00:40:26 WIB

    LP2M IAIN Bukittinggi Gelar Workshop

    BUKITTINGGI, HALUAN - Gender dan anak saat ini menjadi perhatian oleh masyarakat. Berbagai persoalan dan isu sosial muncul dari persoalan gender dan anak ini. Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) IAIN Bukitti.
  • Senin, 05 Desember 2016 - 01:02:25 WIB

    IAIN Bukittinggi Perkuat Jaringan di Asia Tenggara

    IAIN Bukittinggi Perkuat Jaringan di Asia Tenggara BUKITTINGGI, HALUAN — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi terus melakukan penguatan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi, terutama di kawasan Asia Tenggara. Dijadikannya kawasan Asia Tenggara sebagai prior.
  • Kamis, 01 Desember 2016 - 01:24:55 WIB

    FEBI IAIN Bukittinggi Tingkatkan Regulasi Perekonomian Islam

    FEBI IAIN Bukittinggi Tingkatkan Regulasi Perekonomian Islam BUKITTINGGI, HALUAN — Perekonomian Islam di Indonesia saat ini sudah mulai berkembang secara signifikan. Di sektor keua­ngan syariah misalnya saat ini sudah banyak bank-bank syariah yang me­nga­lami pertumbuhan dari ta­.
  • Kamis, 01 Desember 2016 - 00:36:59 WIB

    Mahasiswa SA IAIN Bukittinggi Mengabdi di Lambah

    Mahasiswa SA IAIN Bukittinggi Mengabdi di Lambah BUKITTINGGI, HALUAN — Berbagai bentuk dan cara pe­ngab­dian dilakukan oleh Mahasiswa IAIN Bukittinggi dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pengabdian terhadap masyarakat..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]