Maling Gasak Empat Netbook SMAN 9 Sijunjung


Kamis, 21 April 2016 - 12:46:34 WIB

SIJUNJUNG, HALUAN —Aksi maling atau pencurian makin merajalela di Ka­bup­a­ten Sijunjung, Rabu (20/4) maling menyatroni Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 9 yang berada di tanah Ba­dang­tuang Kecamatan Sijunjung. Maling tersebut berhasil me­ng­gasak 4 unit netbook milik sekolah yang berada di rungan Tata usaha (TU) sekolah deng­an cara mencongkel jendela dan mengupak teralisnya.

Diduga Maling tersebut masuk dengan merusak jendela dan teralinya saat penjaga sekolah sedang tertidur. Pelaku bisa dengan santai mengacak-acak rungan TU tersebut. Aki­bat kejadian tersebut sekolah mengalami kerugian sampai Rp 14 juta.

Kapolres Sijunjung AKBP Dwi Sulistyawan didampingi Kasatreskrim Iptu Chairal Rida dan Puar Humas Ipda nasrul serta kapolsek Sijunjung Iptu Syafrizal nanin me­nutur­kan bahwa pihaknya sudah me­nerima laporan dan mela­kukan olah TKP untuk men­cari alat bukti yang ditinggal­kan pelaku. Termasuk sidik jari pelaku.

Kasatreskrim juga me­nu­tur­kan bahwa pelaku diper­kirakan lebih dari satu orang yang sudah mengetahui kondisi sekolah. Maklum, sekolah memang agak sedikit berjarak dengan rumah warga sehingga sangat rawan disatroni maling. “Saat ini kita masih pen­ye­li­dikan mencari alat bukti untuk mencari pelaku pencurian. Saat ini kami masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi,” pu­ng­kas Chairal Rida.

Curi Handpone

Sementara itu, pria beri­nisial “WS” (23) diamankan oleh jajaran Polres Sijunjung karena mencuri sebuah hand­pone milik warga yang saat itu sedang berda di halaman de­pan rumahnya dengan berpura-pura menjadi pemulung demi melancarkan aksinya. Selasa (19/4) sekitar pukul 08.00 wib dengan alasan mencari barang bekas.

 Informasi yang diperoleh, pelaku WS yang tercatat se­bagai warga kelurahan Kam­pung Jawa Tanjung Harapan, Kota Solok itu datang ke pemu­kiman warga di Jorong Pema­tang Sari Bulan dengan alasan mencari barang bekas. Se­sam­painya dibelakang rumah Eka, 40, warga setempat, pelaku melihat dari luar sebuah hand­phon terletak di kamar korban. Tanpa berpikir panjang, pelaku yang sudah dua kali mendekam dalam penjara itu memasuki rumah korban dengan cara memanjat pagar dan langsung menuju kamar korban dengan niat mengambil handphone jenis Advance yang terletak disisi kipas angin.Setelah ber­hasil mengambil handphone, pelaku juga sempat mengotak-atik tas korban yang kebetulan berada dekat Hp tersebut, namun pelaku tidak me­ne­mu­kan barang berharga. Pelak­upun langsung kabur dengan cara melompati pagar belakang rumah korban.

“Awal bertemu dengan pe­tugas pelaku mengelak diri­nya mencuri, namun petugas tidak langsung percaya karena men­curigai tindak tanduk pelaku, apalagi pelaku bukan warga setempat, beberapa me­nit ke­mudian baru pelaku mengaku dan langsung kita giring ke Mapolres,” ungkap Kasat res­krim, Iptu Chairul Rida di­dampingi Kanit 4 Ipda Boi­man kemarin (20/4).

Tahun 2012, pelaku pernah tertangkap tangan setelah mela­kukan aksi jambret di kota Solok.

Akibat perbuatannya pelaku dihukum 10 bulan penjara. Tahun 2014 pelaku juga ditangkap karena mencuri uang sebesar Rp 1,5 juta di salah satu motor yang sedang parkir di kota Solok, dan pelaku dijebloskan ke penjara selama 2,5 tahun. (h/ogi)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 02 Agustus 2019 - 00:21:55 WIB

    Maling Kerbau di Sidang Tangah, Dua Warga Pasbar Ditangkap Petugas Polsek Matur

    Maling Kerbau di Sidang Tangah, Dua Warga Pasbar Ditangkap Petugas Polsek Matur AGAM,HARIANHALUAN.COM-Dua warga Kabupaten Pasaman Barat ditangkap jajaran Polsek Matur, Resor Kabupaten Agam. Keduanya diduga melakukan pencurian ternak  kerbau milik warga Sidang Tangah, Nagari Matur Mudik, Kecamatan Mat.
  • Selasa, 18 Oktober 2016 - 01:51:34 WIB

    Rumah Mewah Dikupak Maling

    Rumah Mewah Dikupak Maling BUKITTINGGI, HALUAN — Sebuah rumah mewah di Jorong III Kampuang tepatnya di depan Perumahan Muslim Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang, dikupak kawanan malingi, Senin (17/10) sekitar pukul 04.00 WIB. Dalam aksinya pencu.
  • Selasa, 28 Juni 2016 - 05:39:38 WIB
    Kantor Walinagari Juga Digasak

    Maling Mengganas di Sungai Gayo

    Maling Mengganas di Sungai Gayo PAINAN,HALUAN — Masyarakat kenagarian Sungai Gayo Lumpo, kecamatan IV Jurai Pessel merasa resah,akibat aksi pencurian marak terjadi.Bahkan 2 unit Komputer dan 1 printer milik pemerintahan nagari juga digasal maling..
  • Selasa, 31 Mei 2016 - 04:09:12 WIB

    Maling Babak Belur Dihajar Massa

    Maling Babak Belur Dihajar Massa SIJUNJUNG,HALUAN — Salah seorang pelaku maling yang yang beraksi di kawasan Simpang Tanah Badantung Kecamatan Sijunjung yang diketahui bernama Dory Zukarnanen (33) warga Kota Jambi babak belur dihajar massa, Senin (30/5) se.
  • Jumat, 20 Mei 2016 - 04:29:00 WIB

    Maling Tabung Gas Marak di Kupitan

    Maling Tabung Gas Marak di Kupitan SIJUNJUNG,HALUAN — Maraknya ma­ling tabung gas elpiji 3 Kg, membuat warga khawatir dan penuh kecemasan. Tindakan maling telah mengganggu kenyamanan dan rasa aman di kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan. Berselang li.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]