Wabup Ajak Warga Tuntaskan Dokumen Kependudukan


Kamis, 21 April 2016 - 15:05:14 WIB
Wabup Ajak Warga Tuntaskan Dokumen Kependudukan WABUP H.Amrizal Dt.Rajo Medan, bersalaman dengan Walinagari Tabiang Tinggi Ahmad Nawawi PT bersama isterinya setelah pelantikan anggota Bamus nagari itu. (MARYADI) ?

DHARMASRAYA, HALUAN — Wakil Bupati Dhar­mas­raya H. Amrizal Dt. Rajo Medan mengajak masya­rakat untuk mengurus doku­men kependudukan agar data kependudukan jelas dan tidak tumpang tindih serta tidak menimbulkan masalah.

“Saya mengajak masya­rakat untuk segera mengu­rus dokumen kepen­dudu­kan mulai dari seka­rang,” ungkapnya ketika melantik Bamus Nagari Tabiang Ting­­gi, Kecamatan Pulau Pun­jung, di aula Kantor Walinagari Tabiang Tinggi.

Ia mengatakan, jangan sampai dokumen kependudukan menja­di permasalahan dalam setiap urusan termasuk salah satunya dalam pencalonan Bamus dan walinagari yang sudah dekat.

Pasalnya,  tertinggalnya pe­lan­tikan Bamus Nagari Tabiang Tinggi disebabkan salah satunya adalah masalah dokumen kepen­dudukan yang tidak pasti, tetapi setelah diselesaikan maka akhir­nya sumpah jabatan Badan Mus­yawarah (Bamus) Nagari Tabiang Tinggi, Kecamatan Pulau Pun­jung, dilakukan setelah sebelum­nya Bamus nagari itu sempat menjadi persoalan akibat perbe­daan data penduduk.

Data penduduk Nagari Ta­biang Tinggi kurang dari empat ribu sehingga hanya diperke­nankan mengangkat Bamus seba­nyak lima orang. Sementara panitia nagari sudah terlanjur memilih tujuh orang karena mempedomani angka jumlah penduduk antara empat ribu dan lima ribu.

Ternyata yang diakui dan berdasarkan dokumen kepen­dudukan yang ada di Dinas Duk­capil Nagari Tabiang Tinggi hanya memikiki penduduk seki­tar 3.569 jiwa. “Kami menerima angka yang ada di Dinas Duk­capil. Dan kami menerima jum­lah Bamus lima orang,”kata Walinagari Tabiang Tinggi dalam sambutannya usai pelantikan Bamus Nagari Tabiang Tinggi H. Ahmad Nawawi.

Itulah sebabnya, H. Amrizal Dt. Rajo Medan meminta agar para kepala jorong dan perangkat nagari secara bahu membahu mengajak masyarakat untuk me­ngu­rus dokumen kependudukan. Sebab dokumen kependudukan saat ini sangat penting, lantaran semua bantuan pemerintah ter­kait dengan dokumen kepe­ndu­dukan ini. Selain itu semua urusan juga dikaitkan dengan dokumen kependudukan.

“Kalau masyarakat enggan mengurus KTP, nagari kita rugi, orang perorang juga akan rugi. Kan urus KTP tidak dipungut biaya. Jadi mari kita melengkapi diri dengan dokumen kepen­du­du­kan,” tegas Ketua Partai Hanura Kabupaten Dharmas­raya itu.

Begitu pula ke depan pesta demokrasi pemilihan walinagari (Pilwana) secara serentak akan digelar di Tanah Mekar ini, untuk itu berbagai persiapan harus segera dilakukan agar perja­lanannya berlansgung baik dan benar.

Acara pelantikan Bamus Na­gari Tabiang Tinggi itu dihadiri Asisten Sekda Bidang Pemerin­tahan, Irsyad, Kabag Tapem Asril dan Camat Pulau Punjung Sutan Hendri. Sejumlah tokoh masya­rakat juga terlihat hadir meski acara digelar dengan sangat se­der­hana dan apa adanya.(h/mdi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]