Warga Miskin Digratiskan PBB


Jumat, 22 April 2016 - 03:43:55 WIB

PEKANBARU, HALUAN—Pe­merintah Kota Pekanbaru meng­gratiskan Pajak Bumi dan Bangu­nan bagi keluarga kurang mampu di wilayah setempat terhintung pembayaran di tahun 2016.

Dengan catatan besaran Nilai Jual Objek Pajak PBB di bawah Rp100 ribu per tahun.

“Yang gratis itu PBB masyarakat kurang mampu yang nilai jual objek pajak (NJOP)-nya di bawah Rp100 ribu/tahun,” jelas Kepala Dinas Pendapatan Pekanbaru, Yuliasman, Rabu (20/4).

Kebijakan itu dilakukan Pemerintah Kota Pekanbaru, kata Yuliasman, untuk mening­katkan perekonomian dari masyarakat kurang mampu tersebut.

Diberlakukan untuk bebe­rapa kelas dan golongan sesuai NJOP ter­hadap bangunan masyarakat, termasuk yang memiliki NJOP di bawah Rp100 ribu per tahun diberikan pengurangan sebesar 100 persen.

Masyarakat yang berada di level Rp100 ribu ke atas hingga Rp1 juta akan menda­patkan potongan sebesar 50 persen, dan diatas Rp1 juta hinga tak terbatas diberikan po­tongan sebesar 40 persen.”Jadi dengan begitu, selain meringankan beban

Warga dari keluarag kurang mampu dalam pembayaran pajak, juga diharapkan dapat menjadi rangsangan bagi masyarakat wajib pajak baru.

Tentu ini juga tak terlepas dari harapan kita untuk mendongkrak peningkatan PAD. Semoga masyarakat yang memiliki nilai pajak tinggi lebih patuh dalam menunaikan ke­wajibannya membayar pajak,” tandas Yuliasman. (hr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]