Keltan Sakato Juara Budidaya Ikan Air Tawar


Jumat, 22 April 2016 - 03:45:06 WIB

PASAMAN, HALUAN— Pemerintah Kabu­paten Pasaman menerima penghargaan dari Gubernur Provinsi Sumatera Barat atas keberhasilan daerah ini mengembangkan budidaya ikan air tawar.

Perstasi tersebut diraih Pasaman me­lalui kelompok tani Sakato Jorong Ko­topanjang, Nagari Langsatkadap, Keca­matan Rao Selatan, yang meraih juara  pertama dalam lomba yang dia­dakan oleh provinsi.

Penilaian tersebut, terutama dalam bidang kelembagaan  pembudidayaan ikan air tawar, jenis ikan Mas, Nila dan Gurami. Atas prestasi itu pula, Pasaman melalui keltan Sakato tersebut, memiliki kesem­patan untuk mengikuti lomba pada jenis lomba yang sama pada Oktober 2016 mendatang di Jakarta.

Bupati Pasaman Yusuf Lubis didampingi Wakil Bupati Atos Pratama, menyerahkan penghargaan tersebut kepada kelompok tani, berupa 2 unit Note Book, I unit printer, dan satu unit tabung oksigen portable.

Bupati Pasaman Yusuf Lubis menye­butkan, keberhasilan ini merupakan hasil dari usaha keras yang dikerjakan oleh kelompok selama ini.

Meski para anggota kelompok bekerja untuk keberhasilan dan kesejahteraan anggota, namun ternyata pemerintah memberikan apresiasi. Ini bukti bahwa pemerintah itu tidak lengah dan memperhatikan masyarakatnya. Untuk itu, sudah selayaknya rasa bersyukur kepada Allah diperbanyak.

Kata Bupati, meski belum ada Dinas Perikanan dan Peternakan, namun Pasaman telah  berhasil  meraih juara I dalam bidang perikanan. “Untuk ke depan Pemerintah Kabupaten Pasaman akan membentuk Dinas Perikanan dan Peternakan, agar nantinya bisa lebih memperbaiki kegiatan di bidang perikanan dan peternakan,” sebutnya.

Dalam hal ini, Bupati Yusuf Lubis sangat berterima kasih kepada pihak yang telah membantu dalam kegiatan ini, terutama kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman melalui bidang perikanan. (h/col)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 Juli 2020 - 19:18:55 WIB

    Keltan Agam Jalani Panen Raya Jenis IR 42 Diikuti Walnag Hingga Camat

    Keltan Agam Jalani Panen Raya Jenis IR 42 Diikuti Walnag Hingga Camat HARIANHALUAN.COM - Kelompok Tani (Keltan) Batang Kurambik Nagari Koto Gadang VI Koto Kecamatan Tanjung Raya melakukan panen raya padi IR 42 untuk pertama kalinya..
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 23:09:04 WIB

    Keltan Bungo Tanjung Sijunjung Dikenalkan dengan Teknik Roguing

    Keltan Bungo Tanjung Sijunjung Dikenalkan dengan Teknik Roguing SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung mengenalkan teknik roguing kepada kelompok tani (Keltan) Bungo Tanjung di Dem Area keltan setempat, Jumat (21/2). Kegiatan roguing tersebut merupakan Sekolah .
  • Jumat, 07 Juli 2017 - 11:48:18 WIB

    Keltan Keramba Jala Apung Beralih Usaha

    Keltan Keramba Jala Apung Beralih Usaha AGAM,HALUAN -- Untuk membantu pelestarian Danau Maninjau yang tercemar berat sembilan kelompok peternak ikan keramba jala apung (KJA) bersedia mengalihkan usahanya ke darat..
  • Kamis, 10 November 2016 - 00:14:22 WIB

    36 Keltan Dapat Bantuan Traktor Tangan

    36 Keltan Dapat Bantuan Traktor Tangan BATUSANGKAR, HALUAN — Sebanyak 36 kelompok tani (keltan) di Kabupaten Tanah Datar menerima bantuan traktor tangan (hand tractor) dari Kementerian Pertanian RI yang diserahkan langsung oleh anggota DPR RI Hermanto, dan diter.
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 03:38:55 WIB

    Keltan Kebun Mekar Terima Bantuan Alat Pertanian

    PARIAMAN, HALUAN — Wakil Walikota Paria­man, Genius Umar, me­nyerahkan bantuan alat pertanian untuk Ke­lom­pok Tani (Keltan) Kebun Mekar Desa Aia Santok Kecamatan Pariaman Ti­mur di halaman Kantor UPTD Pertanian wiyaha.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]